DetikNews
Senin 15 Oktober 2018, 16:30 WIB

Kota di Afrika Selatan Siap Sontek Denpasar

Aditya Mardiastuti - detikNews
Kota di Afrika Selatan Siap Sontek Denpasar Menteri Keuangan Kabinet Provinsi Western Cape, Afrika Selatan, Ivan Meyer. (dita/detikcom)
Denpasar - Pemerintah Kota Mossel Bay di Cape Town, Afrika Selatan, siap mengadaptasi program-program yang ada di Denpasar, Bali. Salah satu yang ingin disontek adalah program smart city yang dikenal sebagai Damamaya alias Denpasar Cyber Monitor.

Damamaya adalah ruang koordinasi untuk mengintegrasikan seluruh data dan informasi dari berbagai aplikasi yang diluncurkan Pemkot Denpasar serta organisasi perangkat daerah (OPD) di Denpasar. Salah satu aplikasinya adalah Pro Denpasar, yang mirip dengan aplikasi Qlue di Jakarta. Lewat aplikasi ini, warga Denpasar bisa melaporkan peristiwa hingga menyampaikan keluhan seputar kota mereka, seperti jalan rusak, genangan, dan sampah.

Menteri Keuangan Kabinet Provinsi Western Cape, Afrika Selatan, Ivan Meyer mengaku kagum akan program smart city Denpasar. Dia memuji program tersebut yang dinilai sukses mengintegrasikan respons cepat aduan masyarakat.



"Kami diajak untuk melihat bagaimana penggunaan teknologi siber dan teknologi informasi karena kita tinggal di abad 21 pengetahuan ekonomi. Di era saat ini, Anda perlu menyiapkan institusi Anda untuk menggunakan teknologi informasi. Ini selevel kelas dunia karena saya belum pernah melihat seperti ini, saya harus mengatakan Denpasar unggul dalam smart living, smart technology, cyber city untuk menyelesaikan masalah-masalah pemerintahan dan saya terkesan dengan penerapan smart city ini," ujar Meyer di gedung Sewaka Dharma, Jl Majapahit, Denpasar, Bali, Senin (15/10/2018).

Meyer berharap bisa segera mengadopsi program smart city yang ada di Denpasar untuk dibawa ke negaranya. Dia kemudian menyinggung soal kompleksitas masalah yang dihadapi pemerintahannya.



"Saya sangat senang dengan smart city ini, kami tahu apa yang harus kami kerjakan ketika kami pulang. Ketika banyak ambiguitas Anda harus memiliki availability, maksudnya kemampuan untuk merespons cepat kebutuhan masyarakat. Melalui pengaduan online saya, melihat Anda merespons cepat. Saya pikir kami memiliki keinginan yang sama untuk memahami kebutuhan masyarakat, ketika saya mendengarkan Wali Kota Denpasar, Anda memiliki (harapan) bagi masyarakat. Tapi hope di Afrika berarti higher oppurtunity for people to excel. Dan kami pikir kami memiliki harapan untuk Mossel Bay," tuturnya.
(ams/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed