DetikNews
Senin 15 Oktober 2018, 14:13 WIB

Game Of Thrones Jadi 'Serangan Balik' Jokowi ke Prabowo

Tsarina Maharani - detikNews
Game Of Thrones Jadi Serangan Balik Jokowi ke Prabowo Foto ilustrasi Jokowi berkostum ala tokoh di Game of Thrones (Zaki Alfarabi/detikcom)
Jakarta - Pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyinggung serial Game of Thrones dalam pertemuan IMF-World Bank ramai diperbincangkan. Direktur Eksekutif Median Rico Marbun menilai pidato itu sengaja disampaikan Jokowi untuk membalas capres Prabowo Subianto yang sempat berbicara slogan 'Make Indonesia Great Again'.

"Jokowi ingin membalas framing tagline Prabowo 'Make Indonesia Great Again'," kata Rico saat dihubungi, Senin (15/10/2018).

Alasannya, slogan 'Make Indonesia Great Again' yang meniru slogan kampanye Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump itu seolah menyindir kinerja Jokowi. Jokowi pun membalas dengan mengibaratkan dirinya seperti pemeran utama dalam serial Game of Thrones.


"Tagline Prabowo itu menyindir habis bahwa klaim pembangunan dan kerja Jokowi selama ini seperti tidak ada artinya. Jokowi ingin membalas dengan menganalogikan dirinya sebagai tokoh atau jagoan utama dalan film GoT, John Snow," papar Rico.

John Snow, dalam serial Game of Thrones, merupakan seorang yang memiliki nilai-nilai kesatria. Meski terlihat paling sadis, John Snow merupakan tokoh yang mengingatkan ketika krisis mendekat.

"Dalam cerita ini John Snow karakter yang menjunjung nilai kesatria, bahkan dalam perang paling sadis dan penuh tipu daya. Karakter ini ayah, ibu, dan saudaranya tewas dengan cara yang licik dan sadis," tuturnya.


"Tapi karakter ini juga yang mengingatkan kepada semua pihak ada krisis mendekat: 'winter is coming'," lanjut Rico.

Karena itu, pidato Jokowi dalam forum internasional tersebut bisa ditafsirkan ke dalam konteks Pilpres 2019. Selain itu, Rico menduga, kasus hoax penganiayaan Ratna Sarumpaet juga dirasakan Jokowi mirip dengan intrik dalam serial Game of Thrones.

"Jadi meski ini diucapkan dalam forum internasional pesannya dalam konteks pilpres juga bisa dibaca. Bisa jadi serangan hoax Ratna Sarumpaet ini membuat Jokowi merasa adegan intrik dalam Pilpres mirip dalam serial GoT," pungkas Rico.


(tsa/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed