DetikNews
Senin 15 Oktober 2018, 13:30 WIB

JK: 3 Hajatan Internasional di RI Aman, Terima Kasih Polri dan TNI

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
JK: 3 Hajatan Internasional di RI Aman, Terima Kasih Polri dan TNI Wapres JK di Markas PBB, New York, AS. (Rina-detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengucapkan terima kasih kepada Polri atas suksesnya tiga gelaran internasional di Indonesia dari Asian Games, Asian Para Games, hingga pertemuan IMF-World Bank. Menurut JK inti dari tiga hajatan besar tersebut adalah meyakinkan dunia bahwa Indonesia negara yang aman.

"Saya kemudian ingin berterima kasih kepada kepolisian khususnya, tentunya juga kepada TNI karena tiga peristiwa besar di Republik ini, Asian Games, Asian Para Games, pertemuan IMF di Bali semua aman," kata JK di PTIK, Jalan Tirtayasa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (15/10/2018).
Kesuksesan Asian Games 2018, Asian Para Games 2018, dan pertemuan IMF-World Bank tidak lepas dari peranan yang baik dari TNI dan Polri. Jika pada saat kegiatan tersebut keamanan terganggu, maka dunia Internasional akan sulit percaya ke Indonesia.

"Saya bilang, satu saja mercon besar meledak di Bali minggu lalu, seluruh dunia akan tahu, dan mungkin mereka langsung pulang. Berapa kerugian kita. Akhirnya orang akan mengatakan tidak perlu investasi ke Indonesia. Konferensi pun dibom," ujar JK.

"Itu semua mempunyai (dampak). Apalagi kalau bom betulan ada dua yang meninggal, menteri keuangan dari negara lain yang meninggal di sini, habis kita," lanjutnya.


Suksesnya keamanan Asian Games dikatakan JK juga dibarengi dengan kegembiraan prestasi para atlet. Penyelenggaaan dan prestasi yang baik tersebut memberi nama baik ke Indonesia dan memberi dampak ekonomi yang baik.

"Efeknya bahwa Indonesia itu aman, karena aman mari kita investasi ke Indonesia, mari kita berbisnis ke Indonesia," tuturnya.

Menurut JK, ekonomi yang baik dari suatu negara berujung pada ketertiban yang baik. "Karena itu lah maka sebagai pemimpin-pemimpin Polri memang ini kita harapkan bahwa hal-hal ini menjadi perhatian utama kita semua di negeri ini," ucapnya.


Menanggapi ucapan JK tersebut, Kabid Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan kesuksesan Polri mengamankan tiga acara besar tersebut tak lepas dari keterlibatan pihak lainnya. Polri pun menyampaikan terimakasih ke masyarakat.

"Terimakasih tentunya atas pujian, penghargaan karena dapat menyelanggaran Asian Games, Asian Para Games, IMF-World Bank, tapi Polri tentu tidak sendiri, tapi kerjasama dengan seluruh stakeholder. Polri juga berterima kasih kepada masyarakat karena kalau peran masyarakat sangat penting. Ketika kita bertugas masyarakat kerjasama dengan Polri," kata Setyo di lokasi yang sama.


Saksikan juga video 'JK Minta Maaf ke Jokowi: Target 16 Emas 'Meleset' ke Atas':

[Gambas:Video 20detik]


(nvl/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed