detikNews
Senin 15 Oktober 2018, 12:28 WIB

Warga Sumsel Minta Polri Perangi Hoax

Raja Adil Siregar - detikNews
Warga Sumsel Minta Polri Perangi Hoax Foto: Warga Sumsel minta Polda perangi hoax (Raja-detik)
Palembang - Puluhan warga berdemo di halaman depan Polda Sumatera Selatan. Massa minta Polri lebih gencar membas dan menangkal penyebaran isu hoax yang kian masif.

Pantauan detikcom di halaman Mapolda Sumsel, Senin (15/10/2018), massa aksi membawa dua spanduk berukuran 3x1,5 meter. Isinya bertuliskan 'Save Polri, Stop Hoax'. Puluhan massa yang mengatasnamakan dirinya 'Masyarakat Sumsel Bersatu' juga minta elit politik supaya tidak melibatkan Polri pada kegiatan politik.



"Kita sama-sama tahu jika akhir-akhir ini Polri selalu dikait-kaitkan pada kegiatan politik di Indonesia. Bahkan ini semakin masif beredar, khususnya Sumsel," kata Ketua Tim Advokasi Masyarakat Sumsel Bersatu, Desmon Simanjuntak di Polda Sumsel.

Meskipun tak menyebutkan secara rinci penyebaran hoax yang terus ditudingkan ke tubuh Polri, Desmon memastikan hal itu terus terjadi. Bahkan untuk di Sumsel sendiri kini hoax kian meresahkan.

"Kasihan masyarakat kalau terus-terusan diberi berita hoax dan isu hoax. Generasi milenial dan generasi muda ini tidak bisa terus-terusan mengkonsumsi hoax," kata Desmon.



Selain orasi dan menyampaikan aspirasi ke Kapolda Sumsel, terlihat puluhan massa langsung menyerahkan setangkai bunga kepada polisi yang ikut mengawal aksi.

"Terima kasih atas dukungan masyarakat pada Polri, apapun yang perlu untuk saya sampaikan pasti akan saya sampaikan ke Mabes. Tentu saja hoax ini memang tidak boleh terjadi," kata Kapolda Sumsel Irjen Zulkarnain Adinegara, singkat.


Simak Juga 'Klarifikasi Kominfo Soal Hoaks Foto FPI di Gempa':

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed