DetikNews
Jumat 12 Oktober 2018, 18:56 WIB

Operator: Setop Viralkan Foto Vandalisme Kereta Bandara

Danu Damarjati - detikNews
Operator: Setop Viralkan Foto Vandalisme Kereta Bandara Kereta Bandara Soekarno-Hatta (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Kereta Bandara Soekarno-Hatta dicoret-coret oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Publik diminta menghentikan penyebaran foto-foto hasil vandalisme itu supaya pelaku tidak terdorong untuk beraksi lagi.

"Yuk, cegah vandalisme dengan tidak memviralkan foto-foto dan video hasil vandalisme," ajak juru bicara PT Railink, perusahaan operator kereta bandara, Diah Suryandari, dalam keterangan pers, Jumat (12/10/2018).


PT Railink menggandeng komunitas pencinta kereta api, seperti Railfans dan GM MarKA. Gunanya, semangat antivandalisme bisa disebarkan. PT Railink juga terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk meningkatkan keamanan di sekitar stasiun.

Aksi corat-coret itu diketahui pada Rabu (10/10). Ada dua rangkaian kereta yang kena corat-coret saat kereta mengantre menunggu sinyal masuk di area Stasiun Manggarai, Jakarta. Kini coretan sudah dibersihkan dari gerbong.


"KA Bandara Soekarno-Hatta sudah langsung kami bersihkan dan besok paginya sudah bisa beroperasi secara normal kembali," kata Diah.

Meski begitu, PT Railink dan PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) I belum berniat membawa kasus vandalisme ini ke ranah hukum. Mereka masih melakukan penelusuran sendiri.

Diberitakan sebelumnya, polisi menyelidiki aksi vandalisme di kereta bandara itu. "Itu bukan delik aduan, pasti kita lakukan penyelidikan. Iya (lakukan penyelidikan)," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (12/10).
(dnu/bar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed