DetikNews
Jumat 12 Oktober 2018, 18:21 WIB

Jokowi Kutip Game of Thrones, Timses: Milenial Banget

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Jokowi Kutip Game of Thrones, Timses: Milenial Banget Presiden Jokowi di acara IMF-WB (Foto: Biro Pers Setpres)
Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin menyebut pidato Presiden Joko Widodo dalam acara IMF di Bali sangat milenial. TKN menyebut hanya orang yang memiliki mimpi besar yang punya gagasan seperti Presiden Jokowi.

"Jadi yang saya maksudkan bahwa Pak Jokowi punya sambutan di Bali yang milenial banget, pikirannya besar tapi dibingkai dengan suatu contoh game, Game of Thrones itu luar biasa, itu kan pikiran besar, itu hanya orang yang mempunyai mimpi besar yang punya gagasan itu," kata Direktur Penggalangan Pemilih Muda TKN Jokowi-Ma'ruf, Bahlil Lahadalia, di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (12/10/2018).


Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) itu menyebut Presiden Jokowi mampu merangkul sekaligus mengubah analogi sambutannya itu agar mudah dicerna kaum milenial. Dengan gaya sambutan Jokowi itu, disebutnya, pesan Jokowi tersampaikan kepada kaum milenial.

"Anak-anak muda kan tidak mau terlalu banyak pusing, yang penting tahu targetnya apa, apa maksudnya, pesannya tersampaikan," imbuhnya.

Selain itu, ia menanggapi ungkapan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto yang menyebut sistem ekonomi Indonesia sebagai kebodohan. Bahlil mengatakan setiap pemerintah memiliki kelebihan serta kekurangannya.

Ia bahkan mempertanyakan balik ke Prabowo maksud sistem ekonomi Indonesia sebagai kebodohan itu. Ia mengatakan ekonomi Indonesia, jika dibandingkan dengan negara lain, tidak jelek ataupun tidak bagus.


"Apa indikatornya? Pertumbuhan ekonomi kita di kuartal kedua 5,27 persen, inflasi kita terjaga 4 persen, realisasi pajak kita sudah hampir Rp 800 triliun dari target Rp 1.548 triliun, daya beli kita meningkat, kontribusi dari pertumbuhan ekonomi 5,27 persen itu kontribusinya itu 59 persen dari konsumsi, artinya apa? Daya beli masyarakat masih terjaga bahwa betul ekspor kita, neraca perdagangan kita defisit iya itu benar," kata Bahlil.

Sebelumnya, Jokowi mengingatkan seluruh pejabat dunia yang hadir dalam acara IMF-World Bank (WB) 2018 mewaspadai fenomena baru yang mengancam ekonomi. Ancaman tersebut, kata dia, datang setelah para pemangku kebijakan di dunia berhasil menyelamatkan ekonomi dari krisis keuangan.

Menurut Jokowi, laporan dari Christine Lagarde menyebut ekonomi negara masih dibayangi perbaikan data ekonomi Amerika Serikat (AS). Jokowi menyebut ekonomi saat ini seperti 'winter is coming' atau yang dikenal dalam serial 'Game of Thrones'.

"Perang dagang semakin marak dan inovasi teknologi mengakibatkan banyak industri terguncang, negara-negara yang tengah tumbuh sedang mengalami tekanan pasar yang besar, dengan banyak masalah perekonomian dunia sudah cukup kita mengatakan bahwa winter is coming," ujar Jokowi di Nusa Dua Hall, Bali, hari ini.


Saksikan juga video 'TKN: Pidato 'Game Of Thrones' Representasi Jokowi Milenial':

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed