DetikNews
Jumat 12 Oktober 2018, 16:33 WIB

Komisi I DPR Apresiasi Pertemuan Jokowi-Pemimpin ASEAN di Bali

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Komisi I DPR Apresiasi Pertemuan Jokowi-Pemimpin ASEAN di Bali Wakil Ketua Komisi I DPR Satya Widya Yudha (Foto: dok. DPR)
Jakarta - Komisi I DPR RI yang membidangi urusan luar negeri mengapresiasi langkah strategis Indonesia yang menginisiasi penyelenggaraan ASEAN Leaders gathering di Nusa Dua, Bali. Hal itu menunjukkan peran penting Indonesia baik secara politik maupun ekonomi untuk menciptakan stabilitas di kawasan.

"Kita apresasi, inisiatif Indonesia menggelar ASEAN Leader's Gathering yang dipimpin Presiden Joko Widodo tersebut sebagai langkah diplomasi yang strategis bagi Indonesia, mengingat peran penting kita di kawasan ASEAN," ujar Wakil Ketua Komisi I DPR RI Satya Widya Yudha dalam keterangan tertulisnya, Jumat (12/10/2018).

Politikus Partai Golkar itu menilai, pertemuan tersebut dapat mempererat kerjasama dan sinergi antara negara-negara di Kawasan ASEAN. Selain itu, pertemuan itu juga sebagai upaya mencapai pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang melibatkan banyak pihak, baik organisasi lokal, regional maupun internasional.


"Presiden Jokowi sangat concern atas progres pembangunan berkelanjutan yang harus menjadi prioritas bersama di kawasan. Dalam SDGs Index and Dashboards Index 2018, Indonesia berada pada urutan 99 dari 156 negara," katanya.

'Komitmen pemerintah untuk berupaya keras agar pencapaian ranking tersebut bisa dinaikkan, mengingat 2 goals menyangkut perubahan iklim dan renewable energy dengan ranking yang mendekati China," sambung Satya yang turut hadir dalam Gala dinner ASEAN Leaders di Hotel Sofitel, Bali itu.


Selain itu, kata Satya, pertemuan pemimpin-pemimpin ASEAN itu juga bisa menguntungkan Indonesia sebagai anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB yang berperan menjamin keamanan regional. Hal itu terkait disinggung ya Belt and Road Policy yang diprakarsai China serta inisiasi Indonesia untuk membuat Indo-Pasific.

"Dengan demikian dua inisiatif tersebut punya titik temu yang sama untuk pihak-pihak di China maupun Indo-Pacific," pungkas Satya.


Saksikan juga video 'Isi Pertemuan Sekjen PBB dengan Presiden Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]


(mae/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed