DetikNews
Kamis 11 Oktober 2018, 19:30 WIB

Jalan Jatibaru Tanah Abang Dibuka Lagi Jika Skybridge Selesai

Indra Komara - detikNews
Jalan Jatibaru Tanah Abang Dibuka Lagi Jika Skybridge Selesai Foto: Lamhot Aritonang
FOKUS BERITA: Skybridge Tanah Abang
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta memastikan akan membuka Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Pembukaan jalan yang berada di kawasan Jakarta Pusat itu diupayakan dilakukan pada 15 Oktober ini, asal pengerjaan skybridge sudah selesai.

"Kita ada pada posisi optimis 15 (Oktober) buka. Kita lihat, ya. Karena buat kita yang paling penting adalah safety. Jadi, kalau misalnya masih ada pekerjaan, seberapa besar risiko pekerjaan itu bisa mengganggu," kata Plt Kepala Dishub DKI, Sigit Wijatmoko di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (11/10/2018).


Sigit mengatakan pembukaan Jalan Jatibaru merupakan bukti kepatuhan Pemprov DKI terhadap rekomendasi Ombudsman RI. Pembukaan jalan tersebut juga akan dikomunikasikan ke Ombudsman.

"Yang pasti kan kita punya komitmen bersama dengan Ombudsman RI bahwa pemerintah DKI Jakarta harus serius melaksanakan tindakan kolektif laporan hasil pemeriksaan. Itu jadi satu poin. Tentunya kita akan komunikasikan kondisi-kondisi ini," terang Sigit.

Dishub DKI sendiri sudah melakukan analisa untuk mengatur lalu lintas di sekitar lokasi jika Jalan Jatibaru dibuka. Pencatatan kecepatan kendaraan jadi fokus Dishub DKI.


"Kami Dishub sudah mendesain terkait dengan bagaimana pola pengaturan termasuk juga manajemen rekayasa lalin setelah skybridge digunakan," jelasnya.

"Artinya kecepatan rata-rata di kawasan jadi concern. Termasuk kita laksanakan sosialisasi baik untuk operator angkutan umum maupun kendaraan pribadi. Mungkin ada pengaturan perubahan rambu," papar dia.

Sebelumnya, skybridge Tanah Abang rencananya difungsikan pada 15 Oktober 2018. Namun, skybridge yang bisa difungsikan hanya yang mengarah ke selatan atau arah ke Blok G.

"Itu dari stasiun keluar masuk stasiun menuju blok G sudah bisa dipakai. Hanya ke arah Jatibaru Bengkel belum selesai. Ke arah utara belum bisa, ke arah selatan sudah bisa," kata Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya, Yoory C Pinontoan ketika dihubungi.
(idn/zak)
FOKUS BERITA: Skybridge Tanah Abang
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed