detikNews
Rabu 10 Oktober 2018, 18:30 WIB

PDIP: Kok Sandi Bangga Banget Chicken Rice di Singapura Lebih Murah?

Eva Safitri - detikNews
PDIP: Kok Sandi Bangga Banget Chicken Rice di Singapura Lebih Murah? Foto: Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Ari Saputra/detikcom).
Jakarta - Cawapres Sandiaga Uno membandingkan harga 'chicken rice' atau nasi ayam di Indonesia yang lebih mahal daripada Singapura. Menanggapi hal itu, Sekjen PDIP Hasto Kristyanto mengatakan Sandi lebih cocok sebagai seorang appraisal (penilai).

"Ya memang mungkin beliau punya banyak pengalaman sebagai appraisal ya, daripada di jabatan publik. Sehingga ini pesan dari masyarakat loh yang mengkritisi ini, kok lebih cocok jadi appraisal daripada sebagai calon pemimpin," ujar Hasto di kediaman Ma'ruf Amin, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (10/10/2010).

Hasto menghargai kritik soal perbandingan yang diucapkan Sandi. Namun, ia mengaku heran dengan sikap Sandi yang membanggakan harga nasi ayam di Singapura lebih murah.


"Nah buat kami, kami menghormati posisi Pak Sandi dalam memberikan kritik membanding-bandingkan itu ya boleh aja, tapi kok rasanya kok bangga banget melihat sepiring chicken rice di Singapura itu lebih murah. Kok bangga banget, kami heran," ucapnya.

Seharusnya, menurut Hasto, Sandi yang merupakan salah satu calon pemimpin negeri tidak membanggakan hal itu. Hasto mencontohkan prestasi atlet yang sekarang ini berjuang di Asian Para Games lebih mendapatkan apresiasi.

"Jadi bangga itu bangga dengan prestasi tadi dengan atlet kita di mana dalam keterbatasannya mereka menunjukkan abilitynya, itu kan yang harus jadi apresiasi. Gitu ya," tutur Hasto.


Menurut Hasto, harga nasi ayam di Indonesia tidak terlalu mahal. Ia pun lalu berkelakar atas pernyataan Sandi yang membandingkan harga nasi ayam goreng di Indonesia dan Singapura.

"Enggaklah (mahal di Indonesia). Kecuali piringnya ikut di makan. ha-ha-ha," ujarnya sambil tertawa.

Sebelumnya, cawapres Sandiaga Uno membandingkan harga chicken rice atau nasi ayam di Indonesia dengan Singapura. Sandi bilang, harga chicken rice di Jakarta, seperti di Resto Bebek Kaleyo, lebih mahal.

"Sepiring chicken rice seharga 3,5 dolar (Singapura) atau Rp 35 ribu, tapi di sini Rp 50 ribu, ada satu hal yang perlu kita benahi dari harga kebutuhan pokok kita," ucap Sandiaga di Tebet, Jakarta Selatan, Senin (8/10).


Saksikan juga video 'Kata Sandi Makan Siang di Indonesia Lebih Mahal dari Singapura':

[Gambas:Video 20detik]


(elz/elz)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com