DetikNews
Rabu 10 Oktober 2018, 17:54 WIB

Anies: Contoh Konsep Naturalisasi Sungai Ada di Singapura

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Anies: Contoh Konsep Naturalisasi Sungai Ada di Singapura Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Indra-detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yakin konsep naturalisasi sungai bisa dikerjakan di Jakarta. Anies mengatakan konsep tersebut sudah bisa direalisasikan di Singapura.

"Baiknya lihat beberapa contoh proyek yang sebelumnya beton lalu menjadi natural. Paling mudah di Singapura, lihat situ aja," kata Anies di gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (10/10/2018).

Anies mengatakan tidak semua sungai akan diterapkan konsep naturalisasi. Menurutnya, penataan sungai membutuhkan pengerjaan yang berbeda-beda.

"Nanti ada solusinya beda-beda. Nggak disamakan," sebut Anies.





Anies mengatakan akan tetap berkoordinasi dengan Kementerian PUPR terkait rencananya melakukan naturalisasi sungai. Dia yakin programnya bisa dipahami oleh pemerintah pusat.

"Kita koordinasinya langsung dengan PUPR," sebut Anies.

Sebelumnya, Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC), yang berada di bawah Kementerian PUPR, mengatakan ada delapan aliran sungai di DKI Jakarta tidak dinormalisasi sejak Februari 2018 karena tak ada pembebasan lahan oleh Pemprov DKI.

Sekitar aliran kali tersebut, terdapat 129 kelurahan yang berpotensi terendam banjir bila normalisasi tidak segera dilakukan.

"Semenjak tahun 2018 ini tidak ada lagi kegiatan normalisasi," kata Kepala BBWSCC Bambang Hidayah kepada wartawan saat dihubungi, Selasa (9/1).




Bambang mengatakan target normalisasi kali adalah sepanjang 33 km. Namun saat ini pihaknya baru bisa melaksanakan 16 km karena Pemprov DKI tak bisa membebaskan lahan.

Bambang mengatakan normalisasi baru berjalan 48 persen pada 2013 hingga 2017. Dia menuturkan anggaran tersebut dikembalikan ke kas negara.

Berikut daftar kali yang belum dinormalisasi:

Aliran Kali Angke: 6 kelurahan
Aliran Kali Pesanggrahan: 21 kelurahan
Aliran Kali Krukut: 12 kelurahan
Aliran Kali Ciliwung: 28 kelurahan
Aliran Kanal Banjir Barat: 10 kelurahan
Aliran Kali Ciliwung Lama: 9 kelurahan
Aliran Kali Sunter: 23 kelurahan
Aliran Kali Cipinang: 12 kelurahan
Aliran Cengkareng Drain: 8 kelurahan


Saksikan juga video 'Antisipasi Banjir, Anies Fokus Naturalisasi Sungai':

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed