DetikNews
Rabu 10 Oktober 2018, 16:12 WIB

JK Bertemu CEO World Bank, Bahas Rehabilitasi Lombok dan Sulteng

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
JK Bertemu CEO World Bank, Bahas Rehabilitasi Lombok dan Sulteng Foto: Wakil Presiden Jusuf Kalla menggelar pertemuan tertutup dengan CEO World Bank Kristalina Georgieva, di Bali. (Noval-detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla menggelar pertemuan tertutup dengan CEO World Bank Kristalina Georgieva, di Bali. Keduanya sempat membahas bencana alam yang terjadi di Lombok dan Sulawesi Tengah.

"Khususnya berbicara tentang bagaimana kita bekerja bersama-sama untuk rehabilitasi Lombok dan Palu. Ini sangat penting karena kita harus bekerja segera," kata JK di The Westin Hotel, Bali, Rabu (10/10/2018).


JK mengatakan World Bank tengah mengatur sejumlah program kerja sama dengan Indonesia terkait penanganan gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, dan juga gempa di Lombok. Indonesia dan World Bank akan segera merealisasikan kerja sama tersebut untuk rehabilitasi di Sulteng dan Lombok

Selain masalah penanganan bencana di Sulteng dan Palu, JK juga membahas berbagai program kerja sama Indonesia-World Bank. "Program-program yang telah kita jalankan mengenai infrastruktur, turis, stunting, kesehta, dan sebagainya," ujar JK.

Dalam kesempatan yang sama, Kristalina mengaku sedih dengan bencana alam di Sulteng dan Lombok. Pihaknya menghargai kemampuan pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam menanggapi bencana tersebut.

"Kami tahu bahwa Indonesia berada dalam zona yang sering terkena bencana dan kami bersemangat untuk bekerja bersama, sehingga Indonesia memiliki kekuatan dan ketahanan dalam menghadapi bencana ini," ujar Kristalina.


Kristalina melanjutkan, World Bank berada di Bali bukan hanya untuk kegiatan annual meetings. Namun World Bank juga hadir sebagai mitra Indonesia yang tengah dilanda bencana.

"Kami sangat ingin untuk bekerja dan belajar bersama. Kami telah memiliki komunitas international yang dapat menghadapi bencana yang lebih sering, dan lebih meghancurkan daripada ini," tutur Kristalina.


Saksikan juga video 'IMF Bantu Korban Gempa Palu-Donggala-Lombok US$ 75 Ribu':

[Gambas:Video 20detik]


(nvl/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed