DetikNews
Rabu 10 Oktober 2018, 15:08 WIB

Sosialisasi Empat Pilar, MPR: NKRI Harga Mati!

Moch Prima Fauzi - detikNews
Sosialisasi Empat Pilar, MPR: NKRI Harga Mati! Foto: MPR
Jakarta - Anggota MPR Fraksi Hanura Djoni Rolindrawan melakukan sosialisasi empat pilar ke beragam komunitas di Kota Bogor, Jawa Barat. Dalam kesempatan ini, ia menegaskan menegaskan kembali bahwa kesatuan Negara Republik Indonesia (NKRI) tidak bisa diganggu gugat.

"Jangan berpikir memisahkan diri dari NKRI. NKRI harga mati," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (10/10/2018).



Acara sosialisasi yang digelar pada Selasa (9/10) kemarin itu dimeriahkan juga dengan atraksi seni budaya seperti jaipong, karinding, pencak silat, rampak gendang, lomba karaoke dangdut, fashion show, hingga senam sehat.

Di kesempatan tersebut, Djoni mengajak masyarakat hadir agar mempraktikkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Dia mencontohkan bila Sila pertama dilaksanakan maka tak akan ada kasus korupsi.

"Pancasila selain dihafalkan juga harus diterapkan dalam kehidupan keseharian," ajak Djoni.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bogor Syahlan Rasidik yang juga hadir dalam acara itu mengatakan Sosialisasi Empat Pilar sangat dibutuhkan setelah tak ada lagi penataran P4. Oleh karena itu ia menilai harus ada sosialisasi Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.



Ia berharap dengan sosialisasi hingga ke tingkat desa maka kericuhan antardesa, yang kadang terjadi di Bogor, tidak terjadi lagi.

Harapan serupa juga disampaikan oleh Kabiro Umum Setjen MPR Heri Heriawan. Menurutnya MPR telah menggaungkan Empat Pilar sejak 2009 melalui berbagai metode seperti lomba cerdas cermat, FGD, TOT, outbond, seminar, diskusi, debat konstitusi, dan pagelaran seni budaya.

"Semuanya ditujukan untuk mengembalikan kita kepada nilai-nilai luhur bangsa. Mari kita laksanakan Empat Pilar," tambahnya.

Sosialisasi Empat Pilar Pancasila dihadiri pula oleh anggota DPRD Kota Bogor Sandy Pratama dan Kabag Pemberitaan, Hubungan Antar Lembaga, dan Layanan Informasi Setjen MPR Muhamad Jaya.
(mul/mpr)
mpr
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed