DetikNews
Rabu 10 Oktober 2018, 10:48 WIB

Gubernur DIY: Tiap Provinsi Harus Belajar Keunggulan Satu sama Lain

Robi Setiawan - detikNews
Gubernur DIY: Tiap Provinsi Harus Belajar Keunggulan Satu sama Lain Foto: Dok APPSI
Jakarta - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X mengapresiasi Ekspedisi Jalur Darat 34 Gubernur dari Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI). Menurutnya ekspedisi ini penting agar tiap provinsi bisa saling belajar keunggulan satu sama lain.

"Tiap provinsi harus mau belajar kepada provinsi lain jika ada hal baik yang perlu ditiru, ekspedisi ini membantu kita untuk mengetahui kelebihan satu sama lain," ungkap Hamengkubuwono dalam keterangan tertulis, Rabu (10/10/2018).

Hal tersebut disampaikan Hamengkubuwono saat menyambut Tim Ekspedisi Jadlur Darat 34 Gubernur APPSi di Kepatihan atau Kantor Gubernur DIY pada Selasa (9/10/2018).


Dalam kesempatan itu, Hamengkubuwono mengatakan bahwa dalam menjalankan tugas sebagai kepala daerah, seorang gubernur juga harus mengetahui tugas utamanya sebagai seorang pembina wilayah.

"Jarang orang tahu bahwa gubernur adalah pembina wilayah, artinya ia bertanggung jawab atas tiap persoalan yang terjadi di wilayahnya, seorang gubernur tidak boleh cuci tangan jika terjadi masalah, dan harus berani mengambil resiko untuk menyelesaikan persoalan di daerahnya," jelasnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga berharap kepada APPSI agar mampu menjadi wadah untuk meningkatkan kapasitas kepala daerah. Dirinya menceritakan dahulu di awal masa otonomi daerah saat membentuk APPSI, ia pernah mencanangkan kualifikasi seorang kepala daerah.

"Jadi tidak sembarang orang bisa jadi kepala daerah, bukan hanya karena punya uang atau punya banyak massa, tapi yang utama seseorang menjadi kepala daerah harus karena kualitas dan kapasitasnya," paparnya.


Lalu, Hamengkubuwono juga berharap, melalui wadah APPSI mampu diformulasikan alur birokrasi dan tata pemerintahan yang baik antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. Untuk itu dirinya mendorong agar gubernur memiliki akses lebih untuk menjadi jembatan komunikasi antara bupati/walikota dengan presiden.

Selain menyampaikan harapan untuk APPSI, Hamengkubuwono juga terus mendorong digitalisasi ekonomi terlebih untuk menaikkelaskan UKM yang jadi tulang punggung ekonomi di DIY. Dirinya mengapresiasi upaya APPSI yang menggandeng Bukalapak untuk membantu digitalisasi ekonomi di DIY.

Informasi lebih lanjut tentang Ekspedisi APPSI bisa dilihat di sini.
(ega/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed