DetikNews
Selasa 09 Oktober 2018, 20:28 WIB

Targetkan Selesai 15 Oktober, Anies: Skybridge Sudah 60 Persen

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Targetkan Selesai 15 Oktober, Anies: Skybridge Sudah 60 Persen Proyek Skybridge Tanah Abang Terus Dikebut. (Agung Pambudhy/detikcom)
FOKUS BERITA: Skybridge Tanah Abang
Jakarta - Gubernur DKI Anies Baswedan mengatakan pembangunan jembatan penyeberangan multiguna (JPM) atau skybridge sudah mencapai 60 persen di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Anies menargetkan pembangunan selesai pada 15 Oktober 2018.

"Sekarang sudah 60 persen selesai. Masih terus kita kebut. Kemudian harapannya, mudah-mudahan bisa tuntas sekitar pertengahan Oktober. Kalau target sih 15 Oktober," kata Anies kepada wartawan di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (9/10/2018).


Anies mengatakan skybridge nantinya bisa menampung 446 pedagang yang ada di Jalan Jatibaru. Dia berharap, setelah adanya skybridge, Tanah Abang menjadi tertib.

"Harapannya, skybridge ini bisa menampung 446 pedagang yang sebelumnya menempati tenda-tenda. Kita kelola nanti implementasinya. Supaya ada ketertiban, keteraturan di tempat ini," jelasnya.

Sebelumnya, Direktur PD Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan mengatakan pembangunan skybridge dibagi menjadi 4 tahap. Pengerjaan tahap pertama di Zona A adalah membuat rangka baja dan sudah rampung.

"Untuk pengerjaan Zona A sudah selesai pemasangan material baja dan precast, yaitu pemasangan lantai," ujar Yoory, Selasa (18/9).


Untuk tahap kedua, di Zona B, lanjut Yoory, pembangunan skybridge akan fokus pada pengecoran pedestal (fondasi beton) sampai konstruksi di lantai dua. Tahapannya, kata Yoory, pemasangan fondasi, konstruksi baja, dan konstruksi lantai 2.

"Total panjang material baja yang sudah terpasang 187 meter, tinggi 12 meter, untuk pengerjaan lantai 2, precast (beton) yang sudah terpasang sepanjang kurang-lebih 115 meter," ujarnya.
(fdu/idh)
FOKUS BERITA: Skybridge Tanah Abang
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed