DetikNews
Selasa 09 Oktober 2018, 15:21 WIB

Bertemu JK, Wakil PM Malaysia Bahas Bantuan untuk Sulteng

Rina Atriana - detikNews
Bertemu JK, Wakil PM Malaysia Bahas Bantuan untuk Sulteng Wakil Perdana Menteri (PM) Malaysia Wan Azizah Wan Ismail bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla (Wapres JK). Salah satu yang dibahas keduanya adalah terkait bantuan Malaysia untuk Sulteng (Foto: Rina Atriana/detikcom)
Jakarta - Wakil Perdana Menteri (PM) Malaysia Wan Azizah Wan Ismail bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla (Wapres JK) siang ini. Salah satu yang dibahas keduanya adalah terkait bantuan Malaysia untuk Sulawesi Tengah (Sulteng).

Wan Azizah yang juga istri Anwar Ibrahim menuturkan, Malaysia memberikan bantuan di antaranya 2 pesawat dan uang senilai 1 juta Ringgit Malaysia (sekitar Rp 3,66 miliar).

"Kita bagikan pesawat E 400 M. Itu pesawat besar untuk bawa Pertamina punya tangki minyak untuk daripada Balikpapan, stasion di Jakarta, ke Balikpapan, saya diberitahu 30 menit sampai ke Palu," kata Wan Azizah usai bertemu JK di kantor wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (9/10/2018).


Sedangkan satu pesawat lain difungsikan untuk membawa barang bantuan. Selain itu, Malaysia juga berencana membantu para korban di Sulteng khususnya di bidang pendidikan.

"Lain-lain adalah RM 1 juta, kepada Sulawesi dan juga kita memang sudah lancarkan pada 4 Oktober lalu kabung bencana, kita juga akan Insyaallah adakan lagi Perdana Menteri besok, dana untuk membantu pihak terkasih terutama di program pendidikan," tutur Wan Azizah.


Sebelumnya saat pertemuan di Istana Bogor, Wan Azizah dan Jokowi membahas sejumlah hal mulai dari TKI hingga terorisme. Komunikasi pemimpin Indonesia dan Malaysia akan diintensifkan.

"Nah di dalam perbincangan tadi intinya adalah sebagai negara paling dekat tetangga dekat serumpun maka pemimpin Indonesia dan Malaysia sepakat untuk mengintensifkan komunikasi di antara para pemimpin kedua negara, karena dengan komunikasi yang baik jika terjadi masalah maka akan lebih mudah menyelesaikan masalah tersebut," kata Menlu Retno di Istana Bogor, Selasa (9/10).


"Presiden menyampaikan lagi di setiap pertemuan dengan pemimpin Malaysia, presiden selalu menitipkan warga negara Indonesia yang tinggal dan bekerja di Malaysia," imbuhnya.


Simak Juga 'JK Beberkan Beda Dampak Gempa Lombok dan Palu':

[Gambas:Video 20detik]



(rna/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed