Waspada Hoax! Video Jalan Terbelah Bukan Akibat Gempa Bulukumba

Indah Mutiara Kami - detikNews
Selasa, 09 Okt 2018 13:30 WIB
Ilustrasi (Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta - Hari ini beredar video efek gempa yang menyebabkan jalan terbelah yang disebut merupakan efek gempa Bulukumba. Informasi itu tidak benar.

Video yang beredar memperlihatkan orang-orang berteriak dan berlarian. Jalanan terbelah dan tampak ada orang melompati celah jalan itu.



Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menegaskan informasi yang menyebut video itu terjadi di Bulukumba adalah hoax. Gempa 5,2 SR di Palu dan 4,8 SR di Bulukumba tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerusakan.



Video yang beredar itu bukan kejadian di Bulukumba, melainkan di Donggala. Kondisi itu terjadi saat gempa 7,4 SR mengguncang pada 28 September 2018.

"Beredar banyak Hoax dampak gempa 5,2 SR di Palu dan 4,8 SR di Bulukumba. Kedua gempa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa dan kerusakan rumah, jalan dan bangunan lain. Video ini adalah dampak gempa 7,4 SR di Donggala pada 28/9/2018. Jangan ikut menyebarkan hoax," kata Sutopo di Twitter, Selasa (9/10/2018).


Saksikan juga video 'Cara Menanggapi Berita Hoaks ala Gen Halilintar':

[Gambas:Video 20detik]

(imk/tor)