DetikNews
Senin 08 Oktober 2018, 20:04 WIB

Jokowi: Delegasi IMF-WB Meeting Biayai Diri Sendiri ke Bali

Ray Jordan - detikNews
Jokowi: Delegasi IMF-WB Meeting Biayai Diri Sendiri ke Bali Jokowi (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi soal pembiayaan penyelenggaraan Annual Meeting Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia (WB) di Bali. Jokowi mengatakan delegasi yang datang ke Bali tersebut menggunakan biaya masing-masing.

"Mereka itu membiayai dirinya sendiri kok. Hotel bayar sendiri, makan juga bayar sendiri. Kita harapkan ini justru akan memperkuat promosi kita untuk tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia. Saya kira arahnya ke sana," kata Jokowi saat ditanya wartawan seusai orasi ilmiah di Universitas Sumatera Utara (USU), Medan, seperti yang disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Senin (8/10/2018).



Sementara itu, untuk pembiayaan dari pemerintah, Jokowi mengatakan hal itu sebagian besar dialokasikan untuk infrastruktur di Bali, kota yang menjadi tuan rumah. Nantinya, infrastruktur itu akan tetap bermanfaat bagi masyarakat.

"Anggaran itu dipakai untuk memperluas apron di bandara Bali, dipakai untuk membuat terowongan di persimpangan yang ada di Bali sehingga tidak macet. Artinya, setelah ini itu akan kita gunakan terus. Terowongan akan digunakan terus, kemudian apron di bandara juga akan dipakai terus," katanya.

"Jadi bukan sesuatu yang hilang," tambahnya.

Terkait dengan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah, Jokowi pun menegaskan hal tersebut. "Sampai saat ini yang disampaikan kepada saya untuk Annual Meeting IMF dan World Bank sudah pada posisi yang siap," katanya.



Sementara itu, Bey Machmudin menjelaskan maksud pernyataan 'biaya sendiri' yang disebut Jokowi. Dia mengatakan biaya sendiri itu termasuk tiket pesawat dan akomodasi para delegasi selama IMF-WB Meeting di Bali.

"Yang dimaksud Presiden dengan biaya sendiri itu adalah akomodasi delegasi selama di Indonesia, termasuk tiket pesawat dan makan mereka. Bahkan ada delegasi yang menyewa kantor dengan biaya sendiri. Jadi ruangan di hotel-hotel itu laku untuk kantor mereka," kata Bey.
(jor/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed