DetikNews
Senin 08 Oktober 2018, 12:21 WIB

Ridwan Kamil Paparkan Potensi Selfie Ekonomi Jabar ke Tim APPSI

Mochamad Solehudin - detikNews
Ridwan Kamil Paparkan Potensi Selfie Ekonomi Jabar ke Tim APPSI Foto: Mochamad Solehudin
Jakarta - Tim Ekspedisi 34 Gubernur dari Asosiasi Pemerintah Seluruh Indonesia (APPSI) tiba di Provinsi Jawa Barat. Kehadiran tim tersebut disambut langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung.

Kehadiran tim ekspedisi di Jabar, dimanfaatkan dengan baik oleh Ridwan Kamil untuk menyampaikan berbagai potensi yang dimiliki Jawa Barat. Mulai dari potensi pariwisata, UKM, dan potensi lainnya yang bisa mendorong peningkatan ekonomi warganya.

"Parisiwata kita banyak sekali, setiap bukit indah ada selfie ekonomi. Ada potensi yang belum dimaksimalkan (di Jabar). Saya juga sudah deklarasikan Jabar sebagai provinsi pariwisata," kata pria yang akrab disapa Emil di Gedung Sate, Senin (8/10/2018).




Emil mengatakan Jabar memiliki segudang potensi alam yang bisa dimanfaatkan. Seperti Geopark Ciletuh, di Kabupaten Sukabumi yang telah mendapat status Unesco Global Geopark (UGG) pada 2017 lalu.

Kemudian dari sisi pertanian dan peternakan, lanjut Emil, Jawa Barat juga memiliki beragam produk unggulan. Diantaranya buah manggis, mangga gedong gincu yang memiiki rasa yang enak dan lainnya. Sementara untuk peternakan ada domba Garut yang memiliki kualitas yang baik, ayam dan potensi lainnya.

Dia berharap berbagai potensi tersebut bisa dilirik oleh provinsi lain yang selama ini mengandalkan pasokan impor dalam memenuhi kebutuhannya. Kehadiran tim ekspedisi ini diharapkan mampu meningkatkan kerja sama antara daerah di Indonesia.

"Pertanian kita punya empat yang istimewa mudah-mudahan bila ada provinsi lain bisa saling mengisi. Buah manggis, mangga gedong gincu, padi organik. Satu-satunya kabupaten (di Indonesia) bisa ekspor padi yakni Kabupaten Tasikmalaya," ujarnya.



Untuk diketahui, Ekspedisi Jalur Darat 34 Gubernur ini digagas oleh Ketum APPSI yang juga Gubernur Jatim Soekarwo. Eksedisi ini bertujuan untuk mengeksplorasi berbagai inovasi tiap pemerintah provinsi sekaligus mengeksplorasi potensi masing-masing daerah terkait keunggulan komoditas UKM.

Tim ekspedisi ini dilepas secara langsung oleh Soekarwo di halaman Kantor Gubernur Aceh, pada 7 September lalu. Kemudian tim bergerak ke Medan dan beberapa provinsi lain hingga akhirnya tiba di Jawa Barat sebagai provinsi ke-13 yang dikunjungi. Informasi lebih lanjut tentang Ekspedisi APPSI bisa dilihat di sini.


Simak Juga 'Sertijab Walkot Bandung, Ridwan Kamil dan Sepedanya Diarak':

[Gambas:Video 20detik]



(mul/mul)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed