Aksi Memanah Jokowi dan Bulan di Asian Para Games 2017

ADVERTISEMENT

Aksi Memanah Jokowi dan Bulan di Asian Para Games 2017

Ray Jordan - detikNews
Sabtu, 06 Okt 2018 23:17 WIB
Foto: Presiden Jokowi. (dok Biro Setpres)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembukaan Asian Para Games 2018. Jokowi memamerkan aksi memanah ditemani oleh anak penyandang disabilitas Bulan Karunia Rudianti dalam pembukaan itu.

Aksi tersebut dilakukan saat Jokowi telah secara resmi menyatakan pembukaan Asian Para Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Sabtu (6/10/2018). Tak lama setelah pembukaan, ditayangkan video pendek yang berisi tentang kenginginan para penyandang disabilitas untuk menyampaikan pesan kepada Jokowi.


Video itu diawali dengan cerita Bulan mengenai dirinya yang seorang penyandang disabilitas. Bulan lantas menceritkan teman-teman penyandang disabilitas dari berbagai kalangan.

Para penyandang disabilitas itu menitipkan pesan khusus yang disimbolkan dengan beberapa huruf yang kemudian dimasukkan ke dalam kota berukir peta Indonesia.

Pesan itu lantas dikembalikan lagi ke Bulan dan hendak diserahkan langsung ke Jokowi. Di akhir video, bulan menuju Stadion GBK.

Sosok Bulan lantas tampil di panggung utama. Jokowi yang melihat Bulan dari Royal Box Stadion VIP lalu melambaikan tangan ke Bulan. Jokowi lantas turun, berjalan menghampiri Bulan.


Jokowi kemudian jongkok mengobrol bersama Bulan, dan menerima kotak berisi pesan-pesan dari penyandang disabilitas. Jokowi kemudian membuka kotak tersebut.

Di hadapan keduanya lantas terpampang tulisan 'DISABILITAS'. Jokowi lalu menerima busur dan anak panah. Dia lantas membuka jasnya, lalu memegang busur dan memasang anak panahnya.

Begitu juga dengan Bulan. Keduanya lantas menarik anak panah dan membidik ke arah tulisan tersebut. Saat anak panah dilepas, huruf 'DIS' hancur, menjadi tulisan 'ABIILITAS'. Seisi stadion lantas bergemuruh.

Jokowi kemudian berpisah dengan Bulan, dan kembali ke tribun Royal Box Stadion GBK.


Tonton video saat Jokowi Asyik Joget Bahasa Isyarat (jor/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT