detikNews
Sabtu 06 Oktober 2018, 22:11 WIB

Ridwan Kamil Tetap Tuntut Ratna Sarumpaet Minta Maaf ke Warga Bandung

Nur Azizah - detikNews
Ridwan Kamil Tetap Tuntut Ratna Sarumpaet Minta Maaf ke Warga Bandung Gubernur Jabar Ridwan Kamil Foto: Mochamad Solehudin
Bogor - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tetap menuntut agar Ratna Sarumpaet meminta maaf kepada warga Kota Bandung. Sosok yang akrab disapa Emil ini menilai kebohongan yang dibuat Ratna telah merusak nama baik Kota Bandung.

"Ya nggak ada salahnya meminta maaf, kan sederhana," kata Emil kepada wartawan di Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor, Jawa Barat, Sabtu (6/10/2018).

Ratna Sarumpaet saat ini telah ditahan dan ditetapkan Polda Metro Jaya sebagai tersangka kasus hoax penganiayaan. Ditanya soal itu, Emil tak mau berkomentar lebih jauh. Meski demikian, dia tetap menuntut agar Ratna meminta maaf kepada warga Kota Bandung.


"Iya, saya kira sesederhana itu saja," ucapnya.

Emil sebelumnya bereaksi setelah mengetahui bahwa Ratna Sarumpaet mengaku berbohong telah dianiaya di sekitar Bandara Husein, Kota Bandung. Menurut Emil, Ratna harus meminta maaf karena kebohongan yang dibuat Ratna telah merusak nama baik Kota Bandung.

"Ibu Ratna Sarumpaet yth, Ibu sebaiknya meminta maaf terbuka kepada masyarakat Kota Bandung yang sudah dirugikan nama baiknya oleh cerita hoaks ini. Satu kalimat dari ibu, akan meredakan hal ini tanpa berpanjang lebar. Insha allah mereka pemaaf, hatur nuhun," tulis Emil lewat akun Twitter-nya, Rabu (3/10).

Ratna Sarumpaet ditahan di Polda Metro Jaya untuk 20 hari ke depan terhitung sejak Jumat (5/10) malam. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan Ratna telah menandatangani surat penahanan tersebut. Surat perintah penahanan Ratna bernomor SPhan/925/10/2018 Dit.Reskrimum Polda Metro Jaya.


"Alasannya (penahanan) adalah subjektivitas penyidik. Jangan sampai melarikan diri, jangan sampai mengulangi perbuatan, dan menghilangkan barang bukti," kata Kombes Argo, Jumat (5/10).

Pengacara Ratna, Insank Nasruddin berencana mengajukan permohonan ke Polda Metro Jaya agar Ratna dijadikan tahanan kota. Menurutnya, polisi harus mempertimbangkan usia Ratna yang sudah tua. Menurutnya Ratna juga dalam kondisi kurang sehat dan rutin mengonsumsi obat-obatan.

"Kami segera juga akan mengajukan permohonan pengalihan status tahanan. Hari ini kan dia ditahan di Rutan Polda. Jadi kami akan ajukan tahanan kota. Itu memang diperkenankan dalam undang-undang. Kami akan coba mohonkan itu," ujar Insank saat dihubungi detikcom, Sabtu (6/10).



Simak video Ratna Sarumpaet Resmi Ditahan

[Gambas:Video 20detik]


(hri/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed