Terbukti Ada Prostitusi, 3 Tempat Spa di Pondok Indah Ditutup

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Jumat, 05 Okt 2018 18:48 WIB
Ilustrasi/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta mencabut izin atau tanda daftar usaha pariwisata (TDUP) griya pijat O2, Gives dan NYX di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan. Penutupan dilakukan karena ketiga griya pijat terbukti terdapat tindak prostitusi.

"Ketiga tempat itu adalah hasil daripada temuan langsung di lapangan, menyajikan atau memperdagangkan manusia sehingga terjadi perbuatan asusila atau prostitusi di lokasi tempat usahanya," ujar Kepala Satpol PP DKI Yani Wahyu saat dihubungi, Jumat (5/10/2018).

Penutupan itu didasarkan pada Pasal 38 Ayat 2 Huruf k Peraturan Gubernur Nomor 18 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Pariwisata. Yani mengatakan, pengusaha tempat hiburan wajib menutup usahanya karena terbukti melanggar.




"Untuk Gives itu karaoke, bar, dan griya pijat. NYX cuma griya pijat, TDUP-nya itu doang. Kalau yang O2 itu griya pijat, spa, mandi uap, karaoke, bar. Ditutup semua," jelas Yani.

Yani mengatakan penutupan dilakukan sore tadi pukul 15.30 WIB di Jalan Iskandar Muda, Pondok Indah, Jakarta Selatan. Terdapat 150 petugas yang diterjunkan untuk menutup tempat hiburan tersebut.

"Gabungan Satpol Provinsi dan kota," ujar Yani.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya menerbitkan Pergub18 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Pariwisata. Dalam pergub tersebut, Pemprov DKI berhak menutup tempat hiburan tanpa surat peringatan pertama bila terbukti pelanggaran narkoba, judi, dan prostitusi. (fdu/fdn)