DetikNews
Jumat 05 Oktober 2018, 15:25 WIB

Jokowi: Dedikasi Sutopo Sangat Menginspirasi

Ray Jordan - detikNews
Jokowi: Dedikasi Sutopo Sangat Menginspirasi Foto: Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho bertemu Presiden Jokowi (Ray Jordan/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi apresiasi kepada Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho. Jokowi menilai Sutopo merupakan sosok yang berdedikasi dan menginspirasi.

Jokowi mengatakan selama 8 tahun terakhir ini, Sutopo selalu terdepan dalam memberi informasi terkait bencana yang terjadi di Indonesia. Informasi dan data yang disampaikan juga selalu diperbarui.

"Saya melihat setiap ada bencana, baik yang berkaitan dengan gempa, berkaitan dengan longsor, yang berkaitan dengan tsunami, berkaitan dengan kebakaran, Pak Sutopo ini selalu tampil menginformasikan dengan cepat, penjelasannya juga gamblang dan gampang diterima oleh masyarakat," kata Jokowi.


Hal itu disampaikan Jokowi usai dirinya bertemu dengan Sutopo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/10/2018). "Dan informasi-informasi itu disampaikan tidak sekali, sehari bisa dua kali, tiga kali, empat kali, sehingga informasi-informasi yang ada di lapangan selalu gamblang dan jelas," tambah Jokowi.

Jokowi mengatakan dirinya sangat menghargai dedikasi Sutopo dalam bekerja. Apalagi, Sutopo tetap melayani berbagai pertanyaan meski tengah mengidap kanker stadium empat.

"Saya sangat menghargai sekali dedikasi Pak Sutopo terutama dalam hal menginformasikan bencana-bencana yang ada. Dan saya tadi juga baru tahu diberi tahu mengenai kondisi beliau dan itu sangat memberikan sebuah penghargaan, kepada sebuah pekerjaan, dedikasi, sebuah pekerjaan yang luar biasa," katanya.


Jokowi menilai dedikasi Sutopo memberi inspirasi. Meski dalam kondisi sakit tetapi tetap melakukan pekerjaan dengan baik.

"Ini saya kira sangat menginspirasi kita semuanya bahwa dalam kondisi beliau yang sakit tetap masih mendedikasikan semangatnya untuk pekerjaan yang digelutinya dalam sekian tahun ini," katanya.

Sutopo sendiri diketahui mengidap penyakit kanker stadium 4. Terkait penyakitnya ini, Jokowi mengaku baru mengetahuinya setelah berbincang langsung dengan Sutopo.


"Saya baru tahu hari ini. Baru tahu ini tadi jadi saya belum bisa berbicara mengenai itu," katanya.

Sementara itu, Sutopo sangat senang impian bertemu Jokowi jadi nyata. Dia sempat foto bersama diberi satu buku beri dua lembar foto berisi tanda tangan Jokowi lengkap dengan pesan khususnya.

"Saya diberikan foto dan tandatangan langsung Bapak Presiden. Ini kado terindah menjelang ulang tahun tanggal 7 (Oktober)," kata Sutopo sembari tersenyum.


Jokowi yang melihat Sutopo menunjukkan foto tersebut juga ikut tersenyum.

Di akhir pertemuan dengan wartawan, Sutopo juga sempat menyampaikan keinginannya bisa mendapat sepeda dari Jokowi. Sutopo ingin 'pamer' kepada penyanyi Raisa yang juga pernah dapat sepeda dari Jokowi.

"Ya nanti saya minta sepedalah biar sama seperti Raisa," katanya tersenyum.


Simak Juga 'Cieee Akhirnya Sutopo Video Call dengan Raisa!':

[Gambas:Video 20detik]



(jor/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed