DetikNews
Jumat 05 Oktober 2018, 14:08 WIB

Ingin Majukan Jakarta, Anies Jelaskan 4 Tingkat Evolusi Kota

Tia Reisha - detikNews
Ingin Majukan Jakarta, Anies Jelaskan 4 Tingkat Evolusi Kota Foto: Tia Reisha
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memaparkan pendekatan yang bisa dilakukan untuk memajukan Ibu Kota adalah dengan 4 tingkat evolusi kota.
Dalam kunjungannya bersama Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), Anies juga mengungkapkan pendekatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat menyelesaikan segala permasalahan di Jakarta secara gotong-royong.

"Kalau teman-teman melihat apa yang saya kerjakan selama ini, pendekatannya selalu gerakan. Kalau gerakan itu ukurannya bukan saja program berhasil mencapai yang dituju, tetapi program melibatkan semua mencapai yang dituju. Bagi menyelesaikan masalah sebesar kota ini, yang dibutuhkan justru pendekatan melibatkan semua dalam menyelesaikannya," ujar Anies di di Kantor Camat Ciracas, Jumat (5/10/2018).



Sementara itu, dia memaparkan 4 tingkat evolusi kota terdiri dari City 1.0. Dalam tingkat ini, pemerintah merupakan administrator dan warga hanya sebagai penghuni. Di tingkat City 2.0, pemerintah merupakan penyedia jasa atau service provider dan warga sebagai konsumen.

Selanjutnya, Anies menjelaskan pada tingkat City 3.0, posisi pemerintah bertransformasi menjadi fasilitator dan warga sebagai partisipan. Sedangkan di tingkat teratas, yakni City 4.0, pemerintah merupakan kolaborator dan warga sudah menjadi ko-kreator.

"Kota yang maju, warganya yang empower maka warga itu sudah bisa menjadi partisipan, sudah terlibat di dalam pengelolaan kota di dalam menyelesaikan masalah itu terlibat," tegas Anies.



Ia menyebut tingkat yang paling kompleks adalah City 4.0. Pada tingkatan ini, solusi bagi masalah yang dihadapi di Ibu Kota bisa muncul dari semua aspek. Pemerintah sebagai kolaborator pun bisa mempresentasikan masalah dan solusinya lalu menyelesaikannya bersama dengan masyarakat sebagai ko-kreator.

"Kami sedang dalam proses mentransformasi sama-sama, dari service provider, penyedia jasa, menjadi kolaborator dan mengajak masyarakat dari customer menjadi ko-kreator," jelasnya.

Ia pun begitu optimis bahwa Jakarta bisa mencapai tingkat evolusi kota terkompleks karena beberapa alasan. Di antaranya karena tersedianya aplikasi Jakarta Smart City. Warga Jakarta juga memiliki pendidikan yang relatif tinggi dan kondisi sosial ekonomi yang relatif empower. Lalu, menurutnya, tidak ada kota yang memiliki Civil Society Organization (CSO) dan private business entity sebanyak DKI Jakarta.

"Jadi dengan catatan itu semua, maka sayang jika warganya tidak dijadikan ko-kreator dan dijadikan pasif sebagai customer," pungkas Anies.

Tim APPSI Ekspedisi Jalur Darat sudah masuk ke provinsi ke-12. DKI Jakarta menjadi satu dari 34 provinsi yang dijelajahi. Informasi selengkapnya tentang APPSI bisa dilihat di sini.
(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed