DetikNews
Jumat 05 Oktober 2018, 10:28 WIB

Seminggu Gempa Palu, Warung-warung Diharapkan Sudah Mulai Buka

Firdaus Anwar - detikNews
Seminggu Gempa Palu, Warung-warung Diharapkan Sudah Mulai Buka Menko Polhukam Wiranto di Palu (M Taufiiqurrahman-detikcom)
Jakarta - Menko Polhukam Wiranto mengatakan saat ini pemerintah fokus untuk kembali membuat kehidupan masyarakat di Sulawesi Tengah yang terdampak gempa dan tsunami. Diharapkan roda ekonomi masyarakat sudah mulai bisa dijalankan.

"Tugas kita sekarang adalah menormalisasikan kehidupan masyarakat di sini. Kita harapkan warung-warung buka, toko-toko buka. Kita sudah koordinasi kita jaga dengan pengamanan kalau mereka takut apa-apa," kata Wiranto saat ditemui di RS Wirabuana, Jl Sisingamangaraja No. 4, Kecamatan Palu Timur, Jumat (5/10/2018).


Wiranto kembali datang ke Palu bersama rombongan Wakil Presiden RI Jusuf Kala (JK). Turut ikut juga Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Wiranto mengatakan masih ada beberapa daerah terdampak bencana namun belum tersentuh karena berbagai faktor. Dia meminta masyarakat bersabar karena pemerintah ingin kondisi masyarakat di Sulteng normal lebih cepat.

"Orang tidak boleh mengatakan ini terlambat-terlambat. Enggak. Kenyataannya dalam seminggu ini keadaan sudah berangsur-angsur pulih," ungkap Wiranto.


"Kita ingin perkembangan seperti ini lebih cepat lagi. Setelah alat berat datang, teknisi datang, para ahli datang, makanan dan minuman mulai banyak, masyarakat mulai tenang, saya kira kita bisa memulihkan ini dengan cepat," imbuhnya.

Gempa-tsunami di Palu dan Donggala terjadi seminggu lalu, Jumat (28/9) lalu. Proses evakuasi korban hingga kini masih terus berlangsung dan kondisi kota yang awalnya kacau bahkan hingga terjadi penjarahan mulai berangsur pulih.

"Hampir 6.000 pasukan TNI dan Polri sudah masuk. Sementara saya anggap cukup," lanjutnya.


Rombongan JK berada di Palu seharian penuh dan akan meninjau sejumlah tempat. Selain meninjau RS Wirabuana, rombongan akan menuju Perumnas Balaroa, Kecamatan Palu Barat, kemudian meninjau Majelis Dzikir Nurul Khairat, Jl Munif Rahman, Kabonena, sekaligus melaksanakan salat Jumat.

Usai salat Jumat, JK beranjak ke Kampung Wani, Kecamatan Tanatopea, Kabupaten Donggala, dan ke Pelabuhan Laut Pantoloan, Kelurahan Pantoloan, Kecamatan Tawaeli.

Setelah itu, ia menuju Posko Penanggulangan Bencana Korem 132 / Tadulako, dan di sini juga JK rencananya akan memimpin Rapat koordinasi tentang Penanganan Dampak Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Provinsi Sulawesi Tengah.


Simak Juga 'Jerit Tangis Keluarga dalam Evakuasi Korban Gempa di RS Palu':

[Gambas:Video 20detik]



(fds/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed