DetikNews
Kamis 04 Oktober 2018, 15:34 WIB

Polisi Tangkap Penipu Tiket Seremoni Penutupan Asian Games

Arief Ikhsanudin - detikNews
Polisi Tangkap Penipu Tiket Seremoni Penutupan Asian Games Ilustrasi Foto: Robby Bernardi/detikcom
Jakarta - Wiliam Sanjaya menipu puluhan orang yang ingin membeli tiket seremoni penutupan Asian Games 2018. Dia membuat akun Instagram Airasiafinal.id untuk memperdaya korbannya.

Dalam akun tersebut, Wiliam mengaku menjual tiket seremoni penutupan Asian Games 2018. Tiket akan diberikan saat penutupan Asian Games pada 2 September 2018.
"Dari akun, komunikasi dilanjutkan melalui WhatsApp dan tersangka meminta kepada korban harus melakukan down payment untuk pembelian tiket tersebut dan dijanjikan akan diberikan pada saat hari H," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono, dalam keterangannya, Kamis (4/8/2018).

Namun, menurut Argo, sampai hari penutupan Asian Games tidak ada tiket dan nomor kontak Wiliam tidak aktif. Hingga akhirnya, sebanyak 23 korban melapor kepada Polda Metro Jaya.

"Tersangka pun ditangkap hari Rabu, tanggal 03 Oktober 2018 sekitar pukul 15.00 WIB di Jl. Karimata, Jember, Jawa Timur. Kerugian korban sekitar Rp 53 juta," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono, dalam keterangannya, Kamis (4/10/2018).

Kerugian seluruh korban ditaksir sampai Rp 53.000.000. Polisi mengamankan beberapa barang bukti dalam kasus tersebut.

"Dari pelapor ada bukti transaksi kepada tersangka. Sedangkan dari tersangka diamankan dua buah ponsel," kata Argo.

Polisi mempersangkakan pelaku dengan tindak pidana penipuan melalui media elektronik. Hal ini diatur dalam pasal 378 KUHP dan/atau pasal 28 ayat 1 jo pasal 45A ayat 1 UU nomor 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).
(aik/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed