DetikNews
Kamis 04 Oktober 2018, 14:06 WIB

Kementan Kirim Bibit untuk Sawah dan Kebun yang Rusak Pascagempa

Prima Fauzi - detikNews
Kementan Kirim Bibit untuk Sawah dan Kebun yang Rusak Pascagempa Foto: Prima Fauzi/detikcom
Makassar - Selain mendistribusikan logistik berupa pangan dan obat-obatan, Kementerian Pertanian (Kementan) akan memberi bantuan bibit tanaman bagi warga Palu yang lahannya mengalami kerusakan, baik perkebunan maupun persawahan.

"Khusus lahan pertanian kami akan anggarkan khusus pertanian yang rusak, khususnya tanaman pangan, perkebunan, dan hortikultura. Kami sudah siapkan bibit. Kami akan alihkan ke Palu. Kalau ada tanaman kakao, tanaman cengkeh yang rusak, insyaallah kami siapkan bantuan bibit dan pupuknya," kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Makassar, Kamis (4/10/2018).

Saat ditanya soal alokasi bibit, Amran mengatakan jumlah bantuan akan menyesuaikan dengan laporan di lokasi sehingga bisa menyesuaikan kebutuhan warga.


"Kita melihat dulu hasil evaluasi lapangan. Sesuai dengan kebutuhan lapangan. Yang jelas untuk bibit padi, bibit perkebunan, bibit hortikultura sudah kami siapkan," imbuh Amran.

Hari ini Amran melepas bantuan logistik sebanyak 500 truk dengan nilai Rp 2,5 miliar ke Palu, Donggala, dan Sigi. Amran juga memberi bantuan untuk anak yatim-piatu korban gempa dan tsunami senilai Rp 1 miliar.

Amran dijadwalkan memantau pengiriman bantuan dengan turun langsung ke lokasi bencana besok.

"Insyaallah besok kami akan berangkat langsung ke lapangan mengecek langsung ke lapangan bahan pangan yang dikirim hari ini agar betul-betul terdistribusi untuk saudara-saudara kita di sana," ungkapnya.




Saksikan juga video 'Bantu Korban Gempa Palu, Google dan Apple Sumbang Rp 15 Miliar':

[Gambas:Video 20detik]


(idr/idr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed