Ketua DPR Desak Kemensos Tepat Sasaran Salurkan Bantuan Gempa Sulteng

Tsarina Maharani - detikNews
Kamis, 04 Okt 2018 10:12 WIB
Foto: Dok DPR
Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) berkunjung ke lokasi terdampak bencana di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Bamsoet meminta Kementerian Sosial (Kemensos) segera menyalurkan bantuan untuk korban terdampak bencana.

"Mendorong Komisi VIII DPR meminta Kemensos untuk segera memberikan bantuan berupa obat-obatan, membangun tenda untuk korban musibah, membangun dapur umum guna memenuhi kebutuhan makanan para pengungsi dan memberikan sarana mandi, cuci, kakus (MCK), serta mengirimkan air bersih," kata Bamsoet dalam keterangan tertulis, Kamis (4/10/2018).


Selain itu, ia meminta TNI dan Polri berkoordinasi dengan kementerian terkait dan pemda setempat agar distribusi bantuan kepada masyarakat tepat sasaran.

"Mendorong Komisi I DPR, Komisi II DPR, Komisi III DPR, dan Komisi V DPR meminta TNI berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Pemerintah Daerah (Pemda) bersama dengan Polri dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) guna pendistribusian bantuan kepada masyarakat terdampak gempa aman dan tepat sasaran," ujarnya.



Bamsoet juga meminta BUMN melalui Pertamina untuk segera mengirimkan persediaan BBM. Hal ini, menurut dia agar mempermudah proses evakuasi korban.



Saksikan juga video 'Pejabat hingga Ratusan Artis Galang Dana untuk Sulteng':

[Gambas:Video 20detik]

(tsa/aan)