Fakta-fakta Terbaru Gempa-Tsunami Sulteng

Rivki - detikNews
Rabu, 03 Okt 2018 22:34 WIB
Suasana pascagempa di Sulteng (Pradita Utama/detikcom)
Palu - Sebanyak 1.407 orang meninggal akibat gempa dan tsunami di Palu serta Donggala, Sulawesi Tengah. Sejumlah pesawat milik asing pun sudah mulai beroperasi untuk membantu petugas.

Berikut ini adalah sejumlah fakta penanganan gempa dan tsunami di Sulteng hingga Rabu (3/10/2018) pukul 20.00 WIB.


1. Korban Tewas Bertambah Jadi 1.407

BNPB melaporkan perkembangan terbaru soal penanganan bencana gempa dan tsunami Sulawesi Tengah (Sulteng). Data terbaru, 1.407 orang meninggal sudah ditemukan.

"Jumlah korban jiwa per 3 Oktober 2018 pukul 13.00 WIB, 1.407 orang meninggal dunia terdiri dari wilayah Kota Palu, sebagian Donggala, sebagian Sigi, dan Parigi Moutong," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam jumpa pers di kantor BNPB, Jakarta, Rabu (3/10/2018).


2. 10 SPBU Mulai Beroperasi, Warga Antre

Sepuluh SPBU mulai menyalurkan bensin dan solar di Palu dan Donggala pascagempa dan tsunami. Warga pun menyemut untuk mendapatkan BBM.

SPBU yang beroperasi di Kota Palu berlokasi di Jalan Diponegoro, Jalan Maluku, Jalan RE Martadinata, Jalan Imam Bonjol, Jalan Bayoge, dan Jalan Ki Hajar Dewantara. Enam SPBU inilah yang bisa dioperasikan dari total 17 SPBU yang ada di Kota Palu.

Sementara itu, tiga SPBU yang beroperasi di Kabupaten Donggala berlokasi di Desa Sioyong, Jalan Raya Palu-Donggala, dan di Desa Ganti Jalan Trans Sulawesi. Sedangkan satu SPBU lainnya rusak berat. Di Kabupaten Sigi satu SPBU di Sidondo, sedangkan satu SPBU lainnya rusak berat.


3. 7 Hercules Milik Negara Sahabat Sudah Mulai Bantu Korban Gempa

Bantuan dari negara lain dalam penanganan korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah dipilah-pilah sesuai kebutuhan. Salah satu bantuan berupa angkutan udara berupa pesawat Hercules C-130.

Berikut data yang disampaikan Sutopo:
- Singapura membantu 2 pesawat Hercules
- Korea Selatan membantu 2 pesawat Hercules
- Inggris membantu 1 pesawat Hercules
- Jepang membantu 2 pesawat Hercules dan helikopter Mi-17


4. Akses ke Sigi-Donggala Sudah Dibuka

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan sejumlah jalur akses ke wilayah Sigi, Parigi Moutong, dan Donggala mulai bisa dilewati. Tim SAR sudah bergerak melakukan evakuasi.

Sutopo menambahkan akses komunikasi mulai kembali lancar meski belum semua ter-cover. Dia menyebut Donggala bagian utara dan tengah.


5. 30 Orang Diperkirakan Masih Tertimbun di Hotel Roa Roa

Presiden Joko Widodo mengatakan proses evakuasi korban yang masih terjebak di reruntuhan Hotel Roa Roa, Palu, masih dikerjakan. Diperkirakan masih ada 30 korban yang terjebak di runtuhan puing-puing.

"Di sini di Hotel Roa Roa juga diperkirakan masih ada 30 korban yang ada di dalam. Proses ini terus kita selesaikan agar seluruh korban yang ada bisa diangkat," kata Jokowi setelah meninjau Hotel Roa Roa. (rvk/nkn)