Gelar Ratas Dadakan, Ini Arahan Jokowi Terkait Gempa Palu

Ray Jordan - detikNews
Rabu, 03 Okt 2018 16:22 WIB
Presiden Jokowi dan Wapres JK (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas mendadak di teras terminal Bandara Kota Palu. Dalam ratas itu, Jokowi memberikan lima arahan khusus terkait gempa 7,4 Magnitudo yang mengguncang Kota Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Dalam rata tersebut, arahan pertama yang disampaikan Jokowi yakni terkait dengan evaluasi proses evakuasi.

"Setelah mlihat lagi di lapangan, kemudian kita evaluasi apa yang ada di lapangan. Saya lihat proses evakuasi berjalan dengan baik. Karena alat berat sudah ada di lapangan semuanya," kata Jokowi di Bandara Mutiara Sis Al-Jufri, Kota Palu, Sulteng, Rabu (3/10/2018).



Kedua, berkenaan dengan korban luka. Jokowi melihat proses pengobatan dan merujuk ke RS di Makassar sudah berjalan dengan baik.

"Ketiga, berkaitan dengan logistik. Nah, ini memang masih dalam proses perbaikan. Ada beberapa kecamatan yang dijangkau dengan darat sudah bisa. Ini yang tadi saya perintahkan segera harus diselesaikan. Logistik-logistik di kecamatan yang tidak bisa dijangkau dengan darat," jelas Jokowi.

Keempat, Jokowi meminta masyarakat, pedagang dan pemilik toko untuk bisa kembali menghidupkan denyut perekonomian.



"Kita ajak untuk buka dengan jaminan keamanan dari TNI, Polri di titik-titik ekonomi. Sehingga ekonomi berjalan normal kembali," katanya.

Terakhir, Jokowi memerintahkan kepala daerah untuk mengaktifkan kantor pemerintahan. "Kantor gubernur, bupati dan wali kota untuk dibuka normal kembali," katanya.

Rapat terbatas ini diikuti oleh Menko Polhukam Wiranto,Menko PMK Puan Maharani, Gubernur Sulteng Longky Djanggola, Mensos Agus Gumiwang, Menristekdikti M Nasir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Nila F Moelook. Hadir juga Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala BIN Budi Gunawan, KSAD dan Kepala Basarnas.


Simak Juga 'Presiden Jokowi Dua Kali Tinjau Penanggulangan Bencana di Sulteng':

[Gambas:Video 20detik]


(jor/rvk)