detikNews
Rabu 03 Oktober 2018, 12:12 WIB

Gebrakan Gubernur Koster, Bali Wajib Pakai Aksara Lokal

Aditya Mardiastuti - detikNews
Gebrakan Gubernur Koster, Bali Wajib Pakai Aksara Lokal Foto: I Wayan Koster (dita/detikcom)
Denpasar - Belum 100 hari menjabat, Gubernur Bali I Wayan Koster membuat gebrakan di bidang kebudayaan. Ia mewajibkan para PNS jajarannya untuk memakai busana adat, bahasa, aksara dan sastra pada hari tertentu.

"Pergub ini yang khususnya penggunaan aksara Bali akan diresmikan pada 5 Oktober. Jumat secara serentak di Bali di titik tertentu," kata Koster usai rapat paripurna DPRD Bali, Renon, Denpasar, Bali, Rabu (3/10/2018).

Koster menyebut titik-titik lokasi yang akan dipasangi aksara Bali. Yakni di Bandara I Gusti Ngurah Rai hingga Simpang Dewa Ruci.

"Untuk di tingkat provinsi di beberapa lokasi Bandara I Gusti Ngurah Rai, kantor Gubernur, DPD, RS Bali Mandara, Simpang Dewa Ruci. Kami akan pusatkan yang besar di Bandara Ngurah Rai pada tanggal 5, semua serentak pada jam 19.00 WITa. Menetapkan aksara Bali ini di atas huruf latin dan ukirannya harus proporsional," terangnya.


Untuk diketahui, aturan tentang penggunaan busana adat itu tertuang dalam Pergub nomor 79 tahun 2018. Sementara, aturan tentang pelindungan dan penggunaan bahasa, aksara dan sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali tertuang dalam Pergub nomor 80 tahun 2018. Kedua pergub ini diteken pada Senin (1/10) kemarin.

Penggunaan bahasa Bali akan mulai diwajibkan pada Kamis (11/10) mendatang. Penggunaan bahasa Bali dan busana adat ini wajib dilakukan setiap Kamis, hari Purnama, hari Tilem, dan hari jadi Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Pengecualian penggunaan bahasa Bali dan busana adat diberlakukan pada penyelenggaraan apel/upacara bendera, kegiatan yang bersifat nasional dan internasional, kegiatan yang melibatkan instansi tingkat pusat, kegiatan yang bersifat lintas provinsi dan lembaga serta masyarakat adat lainnya.
(ams/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com