336 Kendaraan Terekam CCTV Langgar Tilang Elektronik

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 03 Okt 2018 10:03 WIB
Ilustrasi tilang elektronik. Foto: Agung Pambudhy
Ilustrasi tilang elektronik. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Ada 336 kendaraan yang melanggar saat uji coba tilang elektronik atau E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement) di Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, selama dua hari. Jumlah pelanggar menurun.

Para pelanggar lalu akan dikirimkan surat pemberitahuan namun tak ditilang. "Kemarin (hari pertama) 232 (pelanggar). Sekarang menurun. Sekarang (hari kedua) jadi 104 (pelanggar)," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf di Mapolda Metro, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (3/10/2018).


Yusuf mengatakan waktu dan jenis pelanggaran lalu lintas itu beragam. Pelanggarannya pun berbeda-beda antara hari pertama dan hari kedua.

"Itu marka jalan, sama traffic light sama ganjil genap kalau nggak salah," ujar dia.

Yusuf mengatakan pihaknya belum bisa membandingkan pelanggaran yang terekam CCTV selama dua hari uji coba. Perbandingan pelanggaran itu baru bisa dilakukan setelah pelaksanaan berlangsung selama dua bulan.



"Korelasinya berubah. Mungkin kemarin itu banyak malam. Ini banyak siang. Kami belum bisa membandingkan. Compare itu minggu pertama dan minggu kedua. Jadi kami buat hitungan sefara akumulatif kemudian kami bandingkan. Minggu pertama, minggu kedua atau bulan pertama, bulan kedua," tuturnya.

Menurut Yusuf, pihaknya saat ini masih memperbaiki surat pemberitahuan dan surat tilang yang akan dikirimkan ke pengendara. Surat tersebut akan lebih disederhanakan.

"Iya ini kami lagi perbaiki. Jadi setelah kita diskusi dengan beberapa pelayanan publik dan sebagainya, pakar-pakar itu. Ini terlalu panjang, ini disederhanakan. Jadi yang penting nggak terlalu panjang," imbuhnya.



Saksikan juga video 'Bersiaplah Warga Jakarta, e-Tilang Diuji Coba Awal Oktober!':

[Gambas:Video 20detik]

(knv/aan)