Polisi-Kantor Pos akan Buat MoU Pengiriman Surat Tilang Elektronik

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 02 Okt 2018 15:33 WIB
Ilustrasi (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Polisi dan kantor Pos akan membuat nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU). Kesepakatan dibuat terkait pengiriman surat tilang elektronik atau E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement) yang diterapkan di ruas Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

"Secara lisan sudah oke, tapi nanti kita bikin MoU juga," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf di Mapolda Metro, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa (2/10/2018).

Tilang elektronik saat ini telah masuk tahap uji coba dan sosialisasi. Polisi memasang empat rambu-rambu untuk memberi tahu pengendara terkait uji coba sistem tersebut.

"Jadi rambu itu kan juga dipasang kira-kira jaraknya beberapa ratus meter, jadi Anda memasuki yang dalam pengawasan kamera. Itu kan juga peringatan bahwa kawasan itu diawasi kamera karena masih beberapa jalan. Kalau nanti jalannya sudah semua kamera ya tidak perlu lagi itu," ujar dia.

Dua rambu-rambu sudah dipasang di sekitar bundaran Senayan dan simpang Sarinah. Rencananya, dua rambu-rambu lagi akan dipasang sore ini di Harmoni dan Patung Kuda.





"Rencana 4, tapi yang terpasang baru dua. Dua dulu aja udah bagus kok. Jadi arah yang menuju lokasi kawasan Sudirman-Thamrin itu dikasih pemberitahuan. Kan itu juga masuk sosialisasi juga kan," ujarnya.

Yusuf juga menyampaikan personel yang menyinkronkan data di kantor pun akan ditambah. Jumlah personel mencapai 36 orang.

"Iya, yang tadinya 8 saya tambah jadi 12 per shift. Jadi ada 12x3 shift, 36 personel. Setiap 12 jam ganti," katanya.



Saksikan juga video 'Bersiaplah Warga Jakarta, e-Tilang Diuji Coba Awal Oktober!':

[Gambas:Video 20detik]

(knv/fdn)