Sudah 26 Negara Tawarkan Bantuan untuk Korban Gempa Sulteng

Ibnu Hariyanto - detikNews
Selasa, 02 Okt 2018 14:16 WIB
Kondisi di Petobo, Palu (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Jumlah negara yang menawarkan bantuan untuk korban gempa dan tsunami Sulawesi Tengah (Sulteng) terus bertambah. Kini, ada 26 negara yang siap mengirim bantuan.

"Sudah ada 26 negara dan 2 organisasi internasional," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam jumpa pers di Kantor BNPB, Jakarta Timur, Selasa (2/10/2018).



Penyaluran bantuan internasional itu harus mengikuti prosedur yang ada. Bantuan disampaikan secara tertulis dan dikoordinasikan untuk ditindaklanjuti.

Beberapa bantuan yang bisa disalurkan oleh negara-negara tersebut yaitu water treatment, genset, hingga tenaga medis.

"Di beberapa tempat yang diduga ada korban tertimbun, sudah mengeluarkan bau menyengat dan berpotensi menimbulkan penyakit. Jadi memerlukan penyemprotan," ucapnya.



Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo mengaku banyak dihubungi langsung pimpinan negara. Menurutnya, tawaran bantuan ini membuktikan Indonesia punya banyak teman.

"Bantuan dari negara lain karena banyak sekali yang menyampaikan keinginannya untuk membantu, ini menunjukkan teman kita banyak," ujar Jokowi di Istana Kepresidenan, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (2/10/2018).


Saksikan juga video 'Presiden Izinkan Bantuan Internasional untuk Gempa Palu-Donggala':

[Gambas:Video 20detik]

(ibh/imk)