Jaksa Tanya Fayakhun Terkait SGD 500 Ribu di Sidang e-KTP

Faiq Hidayat - detikNews
Selasa, 02 Okt 2018 13:07 WIB
Sidang lanjutan perkara korupsi e-KTP di Pengadilan Tipikor, Selasa (2/10/2018) Foto: Faiq Hidayat-detikcom
Jakarta - Jaksa KPK mencecar mantan anggota DPR Fayakhun Andriadi terkait uang SGD 500 ribu ke Irvanto Hendra Pambudi. Fayakhun bercerita asal-usul uang itu diberikan Irvanto.

"Uang itu saat selesai Musda Golkar DKI, saya ada uang, lalu komunikasi Pak Nov. Saya bilang, ketua saya mau bantu, Pak nov bertanya berapa banyak, 500 ribu dolar," ujar Fayakhun saat bersaksi dalam sidang lanjutan korupsi e-KTP di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Selasa (2/10/2018).

Fayakhun memang mengenal Irvanto yang merupakan keponakan Setya Novanto itu karena memiliki hobi motor gede. Bahkan Fayakhun pernah membeli motor BMW di show room Irvanto yang berada di Kemang.

"Saya waktu itu beli motor BMW seharga Rp 300 juta, hobi kita memang sama," ujar Fayakhun.




Untuk uang SGD 500 ribu, Fayakhun mengaku perintahkan anak buahnya bernama Agus Gunawan menemui Irvanto di Kemang. Uang itu diperuntukkan Novanto melalui Irvanto.

"Saya memang mau bantu Pak Nov karena beliau Ketum. Saya minta Agus sampaikan (SGD 500 ribu) ke Irvanto," ujar Fayakhun.

Kepada Fayakhun, jaksa bertanya asal usul uang yang diberikan kepada Irvanto. Menurut Fayakhun, uang itu diperoleh dari Managing Director PT Rohde and Schwarz, Erwin Arief.

"Saya terima dari Pak Erwin yang ternyata dari Fahmi Saidah alis Fahmi Darmawangsa di Bakamla," tutur Fayakhun yang menjadi terdakwa kasus proyek di Bakamla.




Agus yang juga dihadirkan sebagai saksi sidang membenarkan telah mengantarkan uang itu ke show room Irvanto. Uang itu dimasukan dalam tas selempang.

"Saat Pak Irvan buka, isi tas dolar singapura 5 bundel berjumlah 500 ribu," kata Agus.

Irvanto dan Made Oka didakwa turut melakukan korupsi proyek e-KTP. Keduanya juga disebut berperan sebagai perantara pembagian duit 'haram' dari proyek itu. Baik Irvanto maupun Made Oka disebut jaksa menerima uang yang ditujukan bagi Novanto.


Simak Juga 'Cabut BAP, Irvanto Bantah Terima USD 500 Ribu dari Fayakhun':

[Gambas:Video 20detik]

(fai/fdn)