Raja Salman Telepon Jokowi, Ucapkan Belasungkawa atas Gempa Sulteng

Indah Mutiara Kami, Andhika Prasetia - detikNews
Selasa, 02 Okt 2018 11:48 WIB
Jokowi dan Raja Salman (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta - Raja Arab Saudi Salman bin AbdulAziz Al Saud menelepon Presiden Joko Widodo. Raja Salman mengucapkan belasungkawa atas bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Berdasarkan keterangan dari Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, Raja Salman menelepon Jokowi pada Senin (1/10) kemarin. Saat menelepon, Raja Salman menyampaikan dukungan untuk Indonesia.

"Raja Salman menegaskan dukungan penuh pemerintah Arab Saudi terhadap saudara-saudara di Indonesia dan dukungan materiil bagi mereka guna mengurangi dampak musibah tersebut, seraya memohon kepada Allah SWT untuk mencurahkan rahmat-Nya bagi para korban jiwa dan segera menyembuhkan para korban luka," demikian keterangan dari Kemlu Arab Saudi.



Jokowi mengucapkan terima kasih atas dukungan tersebut. Dia juga sempat mengungkapkan momen ditelepon Raja Salman tersebut.

"Kemarin, Sri Baginda Raja Salman menelepon saya langsung, Presiden Erdogan, Turki, telepon saya langsung, kemudian juga PM Australia WA saya langsung," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (2/10).



Selain Raja Salman, sejumlah pemimpin negara mengungkapkan belasungkawa atas bencana gempa dan tsunami di Sulteng. Negara-negara sahabat juga menawarkan bantuan.

"Bantuan dari negara lain karena banyak sekali yang menyampaikan keinginannya untuk membantu, ini menunjukkan teman kita banyak," ujar Jokowi.


Simak Juga 'Melihat Cara Kerja Pendeteksi Gempa dan Tsunami':

[Gambas:Video 20detik]

(imk/ita)