Jokowi Perintahkan Semua Alat Pendeteksi Gempa dan Tsunami Dijaga

Andhika Prasetia - detikNews
Selasa, 02 Okt 2018 10:36 WIB
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo turun tangan menyusul kasus hilangnya alat deteksi dini tsunami di Sulawesi Tengah. Berkaca dari kejadian itu, Jokowi memerintahkan agar semua alat pendeteksi gempa dan tsunami diperbaiki dan dijaga.

"Saya perintahkan semuanya diperbaiki dan kemudian diawasi dan dijaga karena itu alat yang sangat penting deteksi setiap kejadian yang akan terjadi," kata Jokowi usai melepas para atlet Asian Para Games di Istana, Jakarta, Selasa (2/10/2018).


Menurut Jokowi, diperlukan pengamanan untuk alat-alat yang sangat berguna mendeteksi gempa dan tsunami tersebut.

"Inilah perlunya namanya pengamanan alat-alat yang sangat berguna untuk mendeteksi gempa, tsunami. Kita memerlukan sebuah kesadaran bersama masyarakat, kita semuanya agar alat-alat seperti itu tidak dirusak atau tidak diambil karena sangat berguna sekali," ujar dia.


Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan sebelumnya menyebut adanya pencurian terhadap alat-alat pendeteksi gempa dan tsunami milik BMKG. Alat yang disebut buoy itu dicuri oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Luhut mencontohkan, misalnya di Palu dan Aceh, alat-alat pendeteksi bencana tersebut tak luput dari pencurian oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Luhut menyampaikan hal tersebut terkait kejadian gempa dan tsunami di Palu pada Jumat (28/9).



Saksikan juga video 'Alat Deteksi Tsunami Tak Berfungsi, Ini Kata BMKG':

[Gambas:Video 20detik]

(aan/imk)