DetikNews
Selasa 02 Oktober 2018, 09:29 WIB

TNI Kirim 3 Batalion Kawal SPBU hingga ATM di Palu

Ibnu Hariyanto - detikNews
TNI Kirim 3 Batalion Kawal SPBU hingga ATM di Palu Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Usman Hadi/detikcom)
Jakarta - Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus mengirimkan personel untuk membantu penanganan bencana gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. Ada 3 batalion pasukan TNI yang akan dikirim lagi ke Palu hari ini.

"Pagi ini datang kurang-lebih yang sudah ke sana rencananya adalah 3 batalion, tapi sudah ada 500 yang kita kirim tadi pagi," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (2/10/2018).



Hadi mengatakan 3 batalion pasukan TNI nanti bertugas memberikan keamanan. Pasukan-pasukan itu akan disebar di sejumlah titik untuk menjaga SPBU, toko-toko, hingga bandara.

"Pasukan yang kedua ini adalah dalam rangka memberikan keamanan, menjaga SPBU, ATM, kemudian toko-toko, bandara, dan pelabuhan," ungkapnya.

Hadi mengatakan pasukan TNI ini akan memberikan pengawalan untuk memastikan roda perekonomian masyarakat Palu tetap berjalan. Dia meminta masyarakat tidak lagi takut membuka toko hingga membuka bank.



"Kami akan menjaga, mengimbau kepada masyarakat tetap membuka tokonya, membuka pintunya, membuka ATM-nya, membuka banknya dengan dikawal oleh TNI. Dikawal TNI biar ekonomi di sana juga berjalan," kata Hadi.

Hadi menambahkan sore nanti bersama Menko Polhukam Wiranto akan kembali ke Palu. Dia akan memastikan perekonomian di Palu berjalan lancar.

"Saya akan berangkat bersama Pak Menko Polhukam untuk memastikan bahwa ekonomi berjalan lancar dengan dikawal TNI dan Polri sehingga masyarakat akan merasa nyaman," ujar Hadi.
(ibh/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed