DetikNews
Selasa 02 Oktober 2018, 08:14 WIB

Peringati HUT Ke-73, TNI Pecahkan Rekor Muri Membatik dengan Canting

Ibnu Hariyanto - detikNews
Peringati HUT Ke-73, TNI Pecahkan Rekor Muri Membatik dengan Canting Tentara Nasional Indonesia (TNI) memecahkan rekor Muri membatik dengan canting. (Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta - Tentara Nasional Indonesia (TNI) memecahkan rekor Muri membatik dengan canting. Kegiatan ini untuk memperingati HUT ke-73 TNI sekaligus Hari Batik Nasional.

Acara tersebut dilaksanakan di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (2/10/2018). Pemecahan rekor membatik dengan canting tersebut diikuti lebih dari 5.000 peserta.

Pemecahan rekor membatik dengan canting tersebut diikuti lebih dari 5.000 peserta, termasuk artis Cinta Laura.Pemecahan rekor membatik dengan canting tersebut diikuti lebih dari 5.000 peserta, termasuk artis Cinta Laura. (Ibnu Hariyanto/detikcom)

Acara tersebut juga dihadiri istri Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Tri Suswati, hingga artis Cinta Laura. Mereka tampak serius membatik dengan canting.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama sang istri, Nanny Hadi Tjahjanto. Hadi mengatakan kegiatan membatik dengan canting tersebut merupakan upaya melestarikan budaya Indonesia.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan kegiatan membatik dengan canting tersebut sebagai upaya melestarikan budaya Indonesia.Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan kegiatan membatik dengan canting tersebut sebagai upaya melestarikan budaya Indonesia. (Ibnu Hariyanto/detikcom)

"Membatik dengan canting ini sebagai wujud kecintaan melestarikan batik," kata Hadi dalam sambutannya.

Dia menjelaskan batik merupakan warisan budaya Indonesia yang diturunkan sejak ratusan tahun yang lalu. Hadi menambahkan batik tulis sendiri telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia.

Ibu-ibu itu tampak luwes membatik dengan canting.Ibu-ibu itu tampak luwes membatik dengan canting. (Ibnu Hariyanto/detikcom)


"UNESCO akui batik tulis sebagai budaya asal Indonesia meski ada batik cetak, batik tulis, ada tempat sendiri. Pagi ini kita bangga dengan membatik dengan canting," ujarnya.

Hadi mengatakan dirinya senang mengenakan batik. Dia menyebut batik yang digunakan adalah batik tentara. "Saat ini saya gunakan batik, batik tentara. Keunikan dan kekhasan yang harus kita jaga," ujarnya.

Sementara itu, di Plaza Mabes TNI terlihat ribuan ibu-ibu telah duduk rapi. Mereka tampak membawa kain dan canting. Ibu-ibu itu tampak luwes membatik dengan canting.
(ibh/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed