Golkar Kirim Bantuan dan Relawan untuk Korban Gempa Sulteng

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Senin, 01 Okt 2018 17:23 WIB
Foto: Marlinda Oktavia/detikcom
Jakarta - Partai Golkar menggelar penyerahan bantuan untuk korban gempa-tsunami di Palu-Donggala, Sulawesi Tengah. Selain menyerahkan bantuan, Golkar melepas 100 relawan dari Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) ke Palu-Donggala.

Acara digelar di Lapangan DPR RI, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (1/10/2018). Hadir di antaranya Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto; Mensos Agus Gumiwang; Ketua DPR RI sekaligus Wakil Korbid Pratama Golkar, Bambang Soesatyo; Sekjen Golkar Lodewijk F Paulus; Ketua Fraksi Golkar Malchius Marcus Mekeng; Plt Ketua DPD Golkar Rizal Mallarangeng; Azis Syamsuddin; dan politikus Golkar lainnya.



Airlangga mengatakan penyerahan bantuan dan pelepasan relawan ini akan dilakukan secara bertahap. Hal ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas Partai Golkar terhadap bencana gempa-tsunami di Palu-Donggala.

"Karena tentu kita harus membantu saudara-saudara kita dengan gerakan yang kita sebut Gerakan Golkar Peduli. Kita juga sedang mengatur tambahan alat berat beberapa unit tetapi tentu logistik adalah kunci utama," ujar Airlangga dalam sambutannya.

Airlangga mengatakan bantuan dan para relawan itu akan dikirim hari ini. Untuk bantuan logistik, rencananya akan dikirim hari ini melalui posko yang ada di Jakarta.

"Dibawa ke sana yang diangkut dengan Hercules yang disiapkan Angkatan Udara (AU). Dan kita juga siapkan kapal, karena kami dengar pelabuhan sudah bisa dipakai," katanya.



Airlangga juga mengatakan Gerakan Golkar Peduli ini dikoordinasikan dengan pemerintah, khususnya Kementerian Sosial dan DPR RI. Bantuan nantinya akan dikelola Ketua DPD Golkar Sulteng Muhidin Muhammad Said di Palu.

"Nanti akan ada dapur bersama di sana," ujar Airlangga.



Airlangga berharap bantuan ini dapat meringankan dan mengatasi situasi pasca-gempa dan tsunami di Palu dan Donggala.

"Kita sangat mengharapkan saudara-saudara kita dapat kembali dalam kehidupan yang normal. Oleh karena itu, kepada kader Golkar untuk kita menggalang dan menyalurkan bantuan agar saudara dan masyarakat di Sulteng dapat diringankan," pungkasnya.




Tonton juga 'ACT Sebut Penjarahan Terjadi Akibat Lambannya Bantuan':

[Gambas:Video 20detik]

(mae/nkn)