Beda dengan Bantuan, Ambulans Parpol Boleh Dipakai di Lokasi Gempa

Dwi Andayani - detikNews
Senin, 01 Okt 2018 17:16 WIB
Kondisi pengungsi gempa Palu (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - KPU melarang logo parpol dan foto calon terdapat dalam bantuan gempa Palu. Namun KPU membolehkan ambulans berlogo parpol digunakan.

"Banyak partai yang sudah punya mobil-mobil seperti ambulans (berlogo) itu boleh," ujar Komisioner KPU Wahyu Setiawan di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (1/10/2018).



Wahyu mengatakan hal ini lantaran ambulans tersebut disiapkan untuk kepentingan sosial. Namun, terkait dengan atribut kampanye lain, seperti bendera dan logo parpol dalam bantuan, tidak diperbolehkan.

"Karena kan tidak mungkin dikletek dulu, jadi kalau untuk jenis-jenis mobil yang memang di-branding untuk kepentingan sosial tentu saja diperbolehkan, itu sesuai dengan aturan KPU," ujar Wahyu.

"Tapi untuk atribut yang lain itu tidak boleh, kenapa tidak boleh karena itu bukan metode kampanye," sambungnya.



Menurut Wahyu, atribut kampanye dalam bantuan tidak masuk metode kampanye. Metode kampanye telah diatur berupa pertemuan terbatas hingga tatap muka. Sedangkan bantuan kemanusiaan tidak bisa dikaitkan dengan aktivitas politik.

"Kan metode kampanye ada, tatap muka, pertemuan terbatas, dialog, pemasangan APK. Jadi titik-titik yang perlu kita tegaskan itu bencana, jadi pendekatannya kemanusiaan, kalau kemanusiaan itu nonpolitik, baik politik sebagai aktivitas maupun sebagai simbol," kata Wahyu.




Tonton juga 'Mana yang Harus Didahulukan, Mobil Damkar atau Ambulans?':

[Gambas:Video 20detik]

(dwia/imk)