detikNews
Senin 01 Oktober 2018, 16:39 WIB

Komisi VIII DPR Dorong Pemerintah Buat Program Edukasi Bencana

Tsarina Maharani - detikNews
Komisi VIII DPR Dorong Pemerintah Buat Program Edukasi Bencana Wakil Ketua Komisi VIII DPR Sodik Mujahid (Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua Komisi VIII DPR Sodik Mujahid menilai saat ini pemerintah dan masyarakat gagap menghadapi bencana yang terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Sodik mendorong pemerintah agar mewujudkan budaya peduli bencana.

"Komisi VIII juga minta pemerintah untuk membangun budaya peduli bencana, jangan hanya pada saat darurat bencana," kata Sodik di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (1/10/2018).


Kegagapan itu, sebut Sodik, salah satunya terlihat dari seragamnya bantuan yang diberikan kepada korban terdampak bencana. Menurut dia masyarakat perlu edukasi dalam menghadapi situasi sebelum dan sesudah bencana.

"Ketika darurat bencana banyak bantuan-bantuan, tapi sering masyarakat tidak siap sehingga bantuannya sejenis sehingga bantuannya kurang," jelasnya.


Selain itu, dia juga menyoal mitigasi bencana dari pemerintah. Sodik menilai antisipasi terhadap bencana saat ini masih minim. Dia mendorong pemerintah agar memaksimalkan penggunaan teknologi.

"Kemudian bagian dari mitigasi itu selain anggaran dan program, Komisi VIII juga minta agar penggunaan iptek itu dipakai secara maksimum," sebut Sodik.
(tsa/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com