Mendagri Instruksikan Kepala Daerah Bantu Korban Gempa Sulteng

Yulida Medistiara - detikNews
Senin, 01 Okt 2018 16:20 WIB
Sejumlah warga Palu mengungsi di tenda darurat di depan kantor Wali Kota Palu. Para pengungsi masih sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Mendagri Tjahjo Kumolo menginstruksikan kepada kepala daerah untuk membantu korban gempa Sulawesi Tengah. Instruksi itu disebarkan melalui radiogram pada Jumat (26/9) lalu.

"Sudah, Jumat malam kami membuat radiogram. Langsung dari Gorontalo, Sulbar, Sulsel jalan. Sekarang hampir seluruh provinsi memberi bantuan," kata Tjahjo di kantornya, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (1/10/2018).


Ia mengapresiasi kepala daerah yang telah mengirimkan bantuan kemanusiaan terhadap korban gempa sekaligus tsunami Sulteng. Beberapa bahan pokok yang dibutuhkan pengungsi misalnya makanan, tenda, dan air bersih.

"Kami fokuskan dulu masalah makanan dan minuman. Punya tenda ya tenda, punya air bersih ya air bersih, mengirim dokter juga. Sekarang sudah serentak semua," ungkap Tjahjo.


Seperti diketahui sejumlah daerah telah memberikan bantuan kepada korban gempa sekaligus tsunami di Sulteng. Misalnya Pemerintah Provinsi Jabar menyiapkan Rp 2 miliar untuk membantu korban. Begitu juga Pemprov DKI Jakarta yang menganggarkan bantuan sebesar Rp 60 miliar dan juga mengirimkan 83 petugas ke lokasi bencana.

Selain itu Pemprov Kaltim mengaku sudah memberikan bantuan kepada korban gempa. Serta Pemprov Jawa Timur yang akan mengirimkan bantuan dana sebanyak Rp 5 miliar untuk membantu korban gempa dan tsunami di Palu-Donggala.


Adapun jumlah korban tewas gempa dan tsunami di Sulteng terus bertambah. Berdasarkan data BNPB hingga siang ini korban tewas yang ditemukan sebanyak 844 orang.



Saksikan juga video 'Telkomsel Gratiskan SMS dan Telepon di Kawasan Terdampak Gempa Palu':

[Gambas:Video 20detik]

(yld/jbr)