Tangis Warnai Pemakaman Petugas ATC Palu Gunawan Agung

Ibnu Munsir - detikNews
Senin, 01 Okt 2018 15:31 WIB
Foto: Pemakaman ATC Agung Gunawan (ibnu/detikcom)
Makassar - Petugas ATC di Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu, Anthonius Gunawan Agung dimakamkan di Pekuburan Tionghoa, Yayasan Budi Luhur, Jalan Antang Raya Makassar. Jenasah Agung tiba sekitar pukul 14.00 Wita, dimakamkan diantar sanak keluarga dan rekan Agung.

Prosesi pemakaman Agung dilakukan secara kedinasan sebagai petugas ATC. Pemakaman Agung diwarnai isak tangis keluarga saat peti jenasah dimasukkan ke liang lahat.

"Apa yang dilakukan sangat baik dan pergi dengan tanggung jawab baik. Iya dengan selesainya tugas dan usia beliau merupakan kebangaan bagi kami sebagai orang tua," kata ayah Agung, Goenawan, di Pemakaman, Senin (1/9/2018).

Lebih lanjut, Agung menjadikan keluarganya sangat bangga, dengan melaksanakan tugas dan menyelamatkan banyak orang.

"Beliau melaksanakan tugasnya dengan baik, Ini membuat bangga saya," jelasnya.

Sementara itu, Presiden Indonesian Air Traffic Controllers Association, Swandi mengatakan penerbangan Indonesia telah menemukan seorang pahlawan dan inilah profesionalisme profesi ATC bekerja menyelamatkan nyawa dan keselamatan penerbangan.

"Telah menemukan pahlawan sebagai pahlawan Indonesia. Saya bangga saudara Agung telah membuktikan pengabdian dirinya menjaga profesionalismenya dan membuktikan pada detik terakhir menyelamatkan tidak menyelamatkan diri sebelum menyelamatkan orang lain." paparnnya.

Olehnya itu, Agung ditetapkan sebagai Pahlawan AirNav Indonesia dan sebagai Pahlawan ATC Indonesia

"Saya menyampaikan surat kepada Kementerian Perhubungan untuk menjadikan saudara Agung sebagai Pahlawan AirNav Indonesia dan kami menetapkan Agung sebagai Pahlawan ATC Indonesia," imbuhnya.

"Perhimpunan kami di ACT akan meminta pada forum dunia internasional dan menjadikan Pahlawan ACT Dunia," tutupnya.



Saksikan juga video 'Tower ATC Bandara Palu Rusak, Penerbangan Ditutup!':

[Gambas:Video 20detik]

(asp/asp)