DetikNews
Senin 01 Oktober 2018, 11:33 WIB

Wiranto: ASEAN hingga Amerika Tawarkan Bantuan ke Gempa Sulteng

Andhika Prasetia - detikNews
Wiranto: ASEAN hingga Amerika Tawarkan Bantuan ke Gempa Sulteng Foto ilustrasi: Menko Polhukam Wiranto, berkemeja putih (Pool)
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto akan mengkoordinir bantuan-bantuan internasional untuk gempa Sulawesi Tengah. Tawaran bantuan sudah muncul dari negara-negara benua Amerika hingga Asia Tenggara (ASEAN).

"Negara yang menawarkan sudah banyak, banyak sekali. Mulai dari ASEAN maupun dari negara di kawasan Eropa dan Amerika," kata Wiranto di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (1/10/2018).


Wiranto mengkoordinir bantuan-bantuan asing itu. Rapat dengan para duta besar segera digelar untuk membahas bantuan-bantuan ini.

"Hari ini kita memanggil para duta besar untuk membicarakan bantuan apa yang bisa ditawarkan, dan kita juga sudah punya target-target hal-hal yang dibutuhkan dalam rangka penanganan pengungsi itu," tutur Wiranto.


Meski keran bantuan telah dibuka, namun Wiranto menegaskan bencana gempa dan tsunami di Donggala, Palu, dan sekitarnya itu tidak berstatus bencana nasional.

"Ini tidak bicara status. Ini bicara soal kebutuhan," kata dia.



Saksikan juga video 'Jokowi Jelaskan Kondisi Memprihatinkan Palu Pasca-tsunami':

[Gambas:Video 20detik]


(dnu/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed