Jokowi: Kita Harap Hari Ini BBM Sudah Bisa Masuk ke Palu

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Senin, 01 Okt 2018 09:59 WIB
Foto: Jokowi (Noval/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap BBM untuk memenuhi kebutuhan tanggap darurat seusai gempa di Sulawesi Tengah hari ini sudah bisa masuk ke Kota Palu. Hingga Minggu (30/9) kemarin, BBM belum dapat masuk ke Palu karena akses jalan yang terputus.

"BBM juga hari ini kita harapkan juga sudah bisa masuk ke Palu karena pesawat khusus tangki BBM itu sudah agak bisa diterbangkan ke sana. Saya kira problem-problem itu yang secepatnya kita harus tangani, sebelum masuk yang kedua (pasca-masa tanggap darurat)," kata Jokowi di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Senin (1/10/2018).



BBM pascagempa dan tsunami di Palu belum dapat masuk karena jalur darat yang terputus akibat tertutup longsoran dan jembatan yang runtuh. Namun pemerintah akan mencoba mengirim BBM menggunakan jalur udara, mengingat bandara Palu sudah bisa dioperasikan.


Selain BBM, kebutuhan akan air bersih menjadi masalah mendesak bagi pengungsi di Palu. "Air masalah karena listrik tidak ada, tidak hidup. Kenapa listrik tidak ada, karena dari 7 gardu yang ada, yang hidup hanya 2, yang 5 ada masalah, ini yang harus diselesaikan," ujarnya.


Jokowi langsung memerintahkan agar gardu listrik mobile dapat segera dikirim ke Palu. Gardu listrik mobile tersebut diharap dapat menghidupkan mesin air untuk kebutuhan air warga.

"Ini segera dan akan diselesaikan dulu sehingga normal kembali kehidupan masyarakat di sana. Memang problem-problem ini baru sehari-dua hari, sehingga semuanya shock, kaget, saya kira itu sebuah hal yang memang harus kita selesaikan," tuturnya.



Saksikan juga video 'Angkatan Udara Kirim Pasukan dan Logistik Pemerintah':

[Gambas:Video 20detik]

(nvl/aan)