Sandi Sebut Bawaslu Imbau Tak Datang ke Kampus, Bukan Melarang

Mochamad Zhacky - detikNews
Minggu, 30 Sep 2018 20:13 WIB
Cawapres Sandiaga Uno. (Foto: M Rofiq)
Jakarta - Cawapres Sandiaga Uno menjelaskan kabar yang menyebutnya dilarang oleh Bawaslu RI untuk berkegiatan di kampus. Menurut Sandiaga, Bawaslu bukan melarang datang ke kampus, tapi mengimbau.

"Jadi, tidak betul ada larangan dari Bawaslu, tapi ada imbauan untuk tidak berkegiatan di kampus dan memastikan bahwa kampus, masjid, tempat ibadah, instansi pemerintahan itu steril dari kegiatan politik," kata Sandiaga saat dihubungi, Minggu (30/9/2018).


Sandiaga sebelumnya berencana menghadiri sidang disertasi politikus Gerindra, Pius Lustrilanang pada Sabtu (29/9) di Universitas Bawijaya, Malang. Namun, mantan Wagub DKI Jakarta itu batal hadir karena ditegur Bawaslu.

Sandiaga mengaku tak masalah jika tidak bisa berkegiatan di kampus. Sandiaga juga tak ingin ada isu-isu tidak baik karena kegiatannya di kampus.


"Tapi untuk menghilangkan segala bentuk kecurigaan dan takut malah mengganggu prosesinya, dan juga ada imbauan dari Bawaslu saya tidak hadir," terang Sandiaga.

Pius sendiri menyayangkan sikap Bawaslu yang melarang Sandiaga. Dia menilai sikap Bawaslu berlebihan.

"Orang dihalangi menghadiri resepsi, orang tidak boleh menghadiri wisuda di kampus. Jadi ini sayang sekali, menurut saya berlebihan," sesal Pius usai sidang disertasi di Fakultas Ilmu Administrasi (FIA), Universitas Brawijaya, Malang, Sabtu (29/9). (zak/imk)