12 Hercules dan 100 Paskhas Dikirim untuk Bantu Korban Gempa Palu

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Minggu, 30 Sep 2018 10:06 WIB
Kondisi kerusakan akibat gempa di Palu-Donggala. (Foto: Dok istimewa/BNPB)
Jakarta - Dua belas pesawat Hercules akan dikirimkan ke Palu, Sulawesi Tengah, untuk membantu logistik bagi korban gempa. Pesawat itu disiagakan di Lanud Halim Perdanakusuma di Jakarta dan Lanud Hasanuddin di Makassar.

"Saya menyiapkan 12 Hercules yang saat ini disiagakan di Lanud Halim dan Lanud Hasanuddin, karena itulah yang paling dekat dan di Hasanuddin cukup banyak barang yang akan dibawa, baik personel maupun barang, sehingga saya siapkan di dua tempat," ujar Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Yuyu Sutisna di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (30/9/2018).


Selain itu, TNI AU menyiapkan 5 unit pesawat CN 295, 2 unit pesawat CN 235, 4 unit pesawat Boeing 737, dan helikopter. Sebanyak 100 personel Korps Pasukan Khas TNI AU juga diberangkatkan hari ini ke lokasi terdampak gempa.

"Dan hari ini saya memberangkatkan Paskhas sebanyak 100 orang dari berbagai macam kualifikasi, karena kami memahami situasi di sana beliau stabil, landasan perlu diamankan dan sebagainya, maka Paskhas dikirim ke sana yang berkualifikasi, PLLU, pengamanan pangkalan, kesehatan, SAR, kami kirim sebanyak 100 orang," tutur Yuyu.


Sementara itu, sejumlah bantuan akan dikirimkan dari Lanud Halim dan Lanud Hasanuddin. "Kemarin ada bantuan dari Bapak Presiden sebanyak 80 ton, baru 20 ton bisa terangkat ke sana, ini diprioritaskan bahan makanan yang diperlukan di sana," ujar Yuyu.

Sebelumnya, gempa bermagnitudo 7,4 mengguncang Palu pada Jumat (28/9) sore. Gempa memicu gelombang tsunami hingga 5 meter. Kemudian, gempa di Sigi terjadi Sabtu (29/9). Hingga Minggu (30/9) pagi korban yang tercatat di Palu berdasarkan data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terdiri dari 405 korban tewas dan 540 orang mengalami luka-luka. Sementara itu data dari BNPB, korban jiwa berjumlah 384 jiwa. (dkp/dhn)