DetikNews
Sabtu 29 September 2018, 19:21 WIB

Lapas di Palu Ambruk, Ratusan Napi Kabur

Yahya Maulana - detikNews
Lapas di Palu Ambruk, Ratusan Napi Kabur Gempa dan tsunami meluluhlantakkan kota Palu, Sulawesi Tengah./Foto: Pradita Utama
Jakarta - Lapas Kelas II A Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) ikut ambruk setelah guncangan gempa bermagnitudo 7,4 yang berpusat di Donggala. Napi yang berada di Lapas pun kabur

Hal ini disampaikan Kalapas Kelas II A Palu, Adhi Yan Ricoh, Sabtu (29/9/2018). Sebagian dari penghuni Lapas yang menampung 560 orang ini kabur.

"Kondisi kemarin sangat memungkinkan untuk napi kabur sebab sebagian besar gedung dan tembok ambruk di mana saat itu petugas kesulitan menangani keadaan karena seluruh listrik padam termasuk saluran komunikasi," ujarnya.





Jumlah penjaga yang minim membuat napi leluasa kabur. Guncangan gempa pada Jumat (28/9) menimbulkan kepanikan di lapas.

"Petugas jaga minim d imana petugas kami juga berusaha menyelamatkan diri karena panik sebab sejumlah tembok dan bangunan ambruk. Jadi memang ini kejadian luar biasa" katanya.


Baca juga: Palu Masih Gelap



Dari data BNPB, tercatat 384 orang meninggal, 540 orang luka-luka, dan 29 orang dinyatakan hilang di Kelurahan Pantoloan Induk, Palu.

BNPB juga mencatat bangunan yang ambruk di Palu, seperti Mal Tatura, Hotel Roa Roa berlantai 8 di Jalan Pattimura, dan RS Anutapura. Sedangkan Jembatan Kuning Ponulele juga ambrol diguncang gempa.
(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed