Mal Tatura dan Hotel Roa Roa Berlantai 8 di Palu Ambruk

Eva Safitri - detikNews
Sabtu, 29 Sep 2018 12:07 WIB
Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Kerusakan parah terjadi di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), dampak gempa bermagnitudo 7,4, yang berpusat di Donggala. Mal dan hotel ambruk.

"Berbagai bangunan, mulai rumah, pusat perbelanjaan, hotel, rumah sakit, dan bangunan lainnya ambruk sebagian atau seluruhnya. Diperkirakan puluhan hingga ratusan orang belum dievakuasi dari reruntuhan bangunan," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di Graha BNPB, Jl Pramuka, Jakarta Timur, Sabtu (29/9/2018).





Berikut ini data kerusakan dampak gempa dan tsunami yang dirilis BNPB.

1. Pusat perbelanjaan atau mal terbesar di Kota Palu, Mal Tatura di Jl Emy Saelan, ambruk.

2. Hotel Roa Roa berlantai delapan yang berada di Jl Pattimura rata dengan tanah. Di hotel yang memiliki 80 kamar itu terdapat 76 kamar yang terisi oleh tamu hotel yang menginap.




3. Arena festival Pesona Palu Nomoni, puluhan hingga seratusan orang pengisi acara sebagian merupakan para penari belum diketahui nasibnya.

4. RS Anutapura yang berlantai empat di Jl Kangkung, Kamonji, Kota Palu, roboh.

5. Jembatan Ponulele yang menghubungkan antara Donggala Barat dan Donggala Timur roboh, jembatan yang menjadi ikon wisata Kota Palu roboh setelah diterjang gelombang tsunami.

6. Jalur trans Palu-Poso-Makassar tertutup longsor.

Terkait gempa dan tsunami di Sulawesi ini detikcom menggandeng KitaBisa dan Aksi Cepat Tanggap menggalang donasi untuk meringankan derita para korban. Silakan berdonasi melalui channel di bawah ini.



Simak Juga 'BMKG Catat Sudah 107 Kali Gempa Susulan di Sulteng':

[Gambas:Video 20detik]

(fdn/fdn)