Daftar CPNS 2018, Terhenti di Proses Pembuatan Akun

Mochamad Zhacky - detikNews
Sabtu, 29 Sep 2018 03:28 WIB
Foto: Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah
Jakarta - Situs pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018 sedang bermasalah. Pendaftaran CPNS 2018 terhenti di proses pembuatan akun.

Situs pendaftaran CPNS, sscn.bkn.go.id, diakses detikcom pada Sabtu (29/9/2018) pukul 03.00 WIB. Tak ada kendala di awal membuka situs tersebut.


Namun supaya bisa terdaftar sebagai CPNS 2018, Anda harus lebih dulu membuat akun. Caranya dengan mengklik kalimat 'Yuk Daftar Sekarang'.

Ketika kalimat itu diklik, Anda akan masuk ke laman bertulisan 'Pendaftaran Akun SSCN 2018'. Lalu Anda diminta mengisi tiga kolom, pertama kolom nomor induk kependudukan, kedua kolom nomor kartu keluarga, ketiga kolom untuk kode captcha.

Di proses inilah terjadi kendala. Meskipun sudah mengisi ketiga kolom sesuai instruksi, proses pendaftaran tidak bisa dilanjutkan

"JDBC exception on Hibernate data access: SQLException for SQL [???]; SQL state [null]; error code [0]; Cannot open connection; nested exception is org.hibernate.exception.GenericJDBCException: Cannot open connection," demikian pemberitahuan yang diberikan.


Situs pendaftaran CPNS itu memang mendapatkan banyak kritik. Banyak yang menyebut, untuk mengakses situs tersebut, prosesnya lama alias lemot.

Kondisi tersebut tak ditampik Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana. Menurut Bima, situs lamban karena jaringan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) tak mampu menampung akses dari peserta.

"Ketika pertama kali mereka buat akun, itu adalah jaringan yang digunakan jaringan Dukcapil, kemarin itu bandwidth-nya belum dibesarkan. Banyak bottle neck. Tapi tadi malam sudah dibesarkan 4 kali lipat sehingga tidak ada masalah lagi. Saya kira mudah-mudahan nggak ada masalah," kata Bima di kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Jakarta, Jumat (28/9). (zak/dwia)